Pengenalan Aquaspace pada siswa SMK Yasti Cisaat oleh Telkom University sebagai penerapan Internet of Things dan langkah mendukung program SDGs

Revolusi industri 4.0 tentunya juga berdampak pada kurikulum pembelajaran khususnya tingkat kejuruan dan pendidikan tinggi. Mereka ditutut untuk berperan aktif dalam menyukseskan dan percepatan implementasi industri 4.0. Perguruan Tinggi menjadi semacam tempat persiapan atau pelatihan bagi sumber daya manusia (SDM). Salah satunya dengan memberikan keterampilan yang berkaitan langsung dengan penerapan dan pengembangan aplikasi yang mendukung percepatan industri 4.0. Perguruan tinggi dapat berperan serta memberikan pelatihan kepada jenjang Pendidikan di bawahnya.
Selasa 13 Desember 2022, Tim abdi masyarakat Telkom University berpartisipasi aktif menjalin Kerjasama dengan mengadakan Pengabdian Masyarakat PELATIHAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMANTAUAN DAN OTOMASI AQUASPACE BERBASIS INTERNET OF THINGS DI SMK YASTI CISAAT SUKABUMI.

Pengabdian masyarakat ini merupakan keberlanjutan dari pengabdian masyarakat tahap 1, di mana dilakukan penekanan pada penguatan kompetensi guru dan siswa dalam penguasaan praktik perakitan sensor. Masyarakat sasar akan melakukan implementasi sistem pemantauan sekaligus otomasi Aquaspace berbasis IoT. Untuk menunjang kegiatan pelatihan dan implementasi, peserta akan diberikan modul dan video tutorial dalam bentuk softfile. Bantuan berupa sistem maupun aplikasi monitoring dan otomasi juga akan diberikan kepada pihak sekolah.
Pada pengabdian ini diharapkan dapat menjadi bekal siswa dalam mempersiapkan kemampuan bekerja pada industri yang berkaitan dengan perakitan sensor maupun pembuatan software aplikasi untuk IoT. Selain itu juga menjadi bekal sebagai wirausahawan mandiri berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Dan siswa sekaligus juga dapat mempraktekkan ilmunya dalam memantau aquaspace yang ada di sekolah. Tranfer ilmu kepada Guru juga dapat meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi masa depan sehingga dapat menjadi bekal pengajaran kepada siswa di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan