Pelatihan Perancangan Antena Berbasis Dipole Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa/i SMK Telkom Bandung

Dosen Prodi Dosen Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi Universitas Telkom telah melaksanakan pelatihan perancangan antena berbasis dipole sebagai salah satu implementasi dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Program PKM yang telah dilaksanakan merupakan salah satu wujud pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi dan kepedulian para dosen dalam perkembangan dan kemajuan pendidikan kejuruan di tanah air. Kegiatan PKM merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh dosen prodi D3 Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom guna mengaplikasikan ilmu yang didapat secara langsung kepada Masyarakat. Pada kegiatan PKM ini, dosen juga melibatkan para mahasiswa prodi D3 Teknik Telekomunikasi.

Kegiatan PKM saat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan antena yang diberikan kepada para guru dan siswa SMK Telkom Bandung dalam rangka membantu institusi Pendidikan kejuruan untuk mengenal cara merancang sebuah antena yang digunakan dalam dunia industri telekomunikasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2023 bertempat di Laboratorium Wireless Communication, Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom dengan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 27 orang.  Materi pelatihan yang diberikan selama acara berlangsung meliputi materi dasar yaitu tentang karakteristik dan aplikasi antena dipole, teknik mendesain dan mensimulasikan antena dipole dengan perangkat lunak.

Ketua Pelaksana, Dr Radial Anwar mengatakan bahwa pelatihan perancangan antena bagi guru dan siswa SMK ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait materi perancangan antenna yang sangat diperlukan pada dunia industri telekomunikasi. Harapannya melalui pelatihan antena ini para guru maupun siswa dapat meningkatkan skill para guru dan siswa SMK Telkom Bandung.

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan