5 Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Project Manager

5 Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Project Manager

Hampir setiap industri membutuhkan adanya Project Manager. Oleh karena itu, wajib mengenal profesi Project Manager dan skill yang dibutuhkan jika tertarik sebagai fokus karir masa depan. Simak lebih detail berikut ini.

Mengenal Profesi Project Manager

Sangat penting untuk mengenal profesi Project Manager. Merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam mengatur, merencanakan, dan melaksanakan sebuah proyek yang sesuai dengan budget dan penjadwalan.

Seorang Project Manager mempunyai  tanggung jawab untuk memimpin sebuah tim, menentukan tujuan, berkomunikasi dengan pihak memiliki hubungan dengan proye, serta memantau proyek sampai finish.

 

Skill yang Dibutuhkan Project Manager

Memiliki peran penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan, seorang Project Manager harus memiliki skill untuk menunjang semua tugasnya. Adapun skill yang dibutuhkan berikut ini.

Reading dan writing

Wajib memiliki skill membaca dan menulis bagi seorang Project Manager. Kemampuan tersebut sangat penting karena untuk membaca dan menafsirkan berbagai jenis dokumen teknis.

Kemudian bisa menggantinya menjadi dokumen yang lebih singkat supaya bisa mudah dipahami oleh setiap orang yang terlibat proyek.

Planning dan Forecasting

Skill ini juga dibutuhkan oleh seorang Project Manager. Yaitu sebuah skill perencanaan berskala besar dan membuat estimasi tentang penjadwalan dan sumber daya yang akan dipakai.

Oleh karena itu, perlu memakai berbagai macam informasi supaya bisa membuat prediksi dan perkiraan. Seorang Project Manager harus bisa memastikan bahwa proyek yang dilaksanakan tetap aman dari semua kendala.

Scheduling

Skill selanjutnya adalah scheduling project. Sebagai Project Manager perlu membagi sumber daya manusia yang terlibat dalam proyek sesuai dengan jalur agar proyek bisa berjalan dan selesai tepat waktu.

Cost dan Budgeting

Merupakan salah satu skill penting bagi seorang Project Manager. Yaitu memastikan semua anggaran proyek tetap realistis dan bisa memenuhi kebutuhan proyek sampai finish.

Risk management

Setiap proyek yang dilakukan selalu ada risiko. Misalnya sumber daya yang tidak tersedia, persetujuan dari klien yang tertunda, dan sebagainya.

Tugas seorang Project Manager adalah mengurangi kemungkinan risiko tersebut sekaligus mengambil rencana yang efektif jika terjadi masalah pada proyeknya.

Mengenal profesi Project Manager sangat penting sekaligus mengetahui skill yang dibutuhkan agar bisa menyelesaikan sebuah proyek dengan lancar sampai akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *