SMTP

SMTP

  • SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol.
  • SMTP adalah seperangkat pedoman komunikasi yang memungkinkan perangkat lunak mengirimkan surat elektronik melalui internet yang disebut Simple Mail Transfer Protocol .
  • Ini adalah program yang digunakan untuk mengirim pesan ke pengguna komputer lain berdasarkan alamat email.
  • Ini menyediakan pertukaran email antar pengguna di komputer yang sama atau berbeda, dan juga mendukung:
    • Itu dapat mengirim satu pesan ke satu atau lebih penerima.
    • Pengiriman pesan dapat berupa teks, suara, video atau grafik.
    • Itu juga dapat mengirim pesan pada jaringan di luar internet.
  • Tujuan utama SMTP digunakan untuk mengatur aturan komunikasi antar server. Server memiliki cara untuk mengidentifikasi dirinya dan mengumumkan jenis komunikasi apa yang mereka coba lakukan. Mereka juga memiliki cara untuk menangani kesalahan seperti alamat email yang salah. Misalnya, jika alamat penerima salah, maka server penerima membalas dengan semacam pesan kesalahan.

Komponen SMTP

Pertama, kita akan membagi klien SMTP dan server SMTP menjadi dua komponen seperti agen pengguna (UA) dan agen transfer surat (MTA). Agen pengguna (UA) menyiapkan pesan, membuat amplop, dan kemudian memasukkan pesan ke dalam amplop. Agen transfer surat (MTA) mentransfer surat ini melalui internet.

SMTP memungkinkan sistem yang lebih kompleks dengan menambahkan sistem relay. Daripada hanya memiliki satu MTA di sisi pengirim dan satu di sisi penerima, lebih banyak MTA dapat ditambahkan, bertindak sebagai klien atau server untuk menyampaikan email.

Sistem relay tanpa protokol TCP/IP juga dapat digunakan untuk mengirim email ke pengguna, dan ini dicapai dengan menggunakan gateway email. Gerbang email adalah MTA relai yang dapat digunakan untuk menerima email.

Cara kerja SMTP

  1. Komposisi Surat: Pengguna mengirim email dengan membuat pesan surat elektronik menggunakan Agen Pengguna Surat (MUA). Agen Pengguna Email adalah program yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Pesan berisi dua bagian: badan dan header. Badan adalah bagian utama pesan sedangkan header memuat informasi seperti alamat pengirim dan penerima. Header juga memuat informasi deskriptif seperti subjek pesan. Dalam hal ini badan pesan diibaratkan seperti surat dan header diibaratkan amplop yang berisi alamat penerima.
  2. Pengiriman Email: Setelah menulis email, klien email kemudian mengirimkan email yang sudah lengkap ke server SMTP dengan menggunakan SMTP pada port TCP 25.
  3. Pengiriman Surat: Alamat email berisi dua bagian: nama pengguna penerima dan nama domain. Misalnya, vivek@gmail.com , dengan “vivek” adalah nama pengguna penerima dan “gmail.com” adalah nama domain.
    Jika nama domain alamat email penerima berbeda dengan nama domain pengirim, maka MSA akan mengirimkan email ke Mail Transfer Agent (MTA). Untuk menyampaikan email, MTA akan menemukan domain target. Ia memeriksa data MX dari Sistem Nama Domain untuk mendapatkan domain target. Data MX berisi nama domain dan alamat IP domain penerima. Setelah catatan ditemukan, MTA terhubung ke server pertukaran untuk menyampaikan pesan.
  4. Penerimaan dan Pemrosesan Surat: Setelah pesan masuk diterima, server pertukaran mengirimkannya ke server masuk (Agen Pengiriman Surat) yang menyimpan email dan menunggu pengguna mengambilnya.
  5. Akses dan Pengambilan Surat: Email yang disimpan di MDA dapat diambil dengan menggunakan MUA (Agen Pengguna Surat). MUA dapat diakses dengan menggunakan login dan password.

AGR//

Referensi : [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *