Direktori Memori Linux

Direktori memori berisi file-file dari seluruh sistem. Semua informasi perangkat, proses yang berjalan, atau informasi terkait sistem disimpan di direktori ini.

Direktori memori berisi direktori berikut:

/dev

Istilah ‘dev’ adalah singkatan dari device (perangkat). Seperti yang Anda tahu, dalam sistem operasi Linux, segala sesuatu dianggap sebagai file. Ini tampak seperti file biasa tetapi tidak memakan ruang disk. File-file yang digunakan untuk mewakili dan mengakses perangkat disimpan di sini, termasuk perangkat terminal seperti USB. Semua file yang disimpan di /dev tidak terkait dengan perangkat nyata, beberapa terkait dengan perangkat virtual juga.

  • /dev/tty dan /dev/pts: File /dev/tty mewakili antarmuka baris perintah, yaitu terminal atau konsol yang terhubung ke sistem. Mengetik perintah di terminal adalah bagian dari antarmuka grafis seperti Gnome atau KDE, maka terminal akan diwakili sebagai /dev/pts/1 (di sini angka 1 dapat diganti dengan angka lainnya).
  • /dev/null: File /dev/null dianggap sebagai lubang hitam, ia memiliki penyimpanan tanpa batas tetapi tidak ada yang bisa diambil kembali darinya. Anda dapat membuang output yang tidak diinginkan dari terminal tetapi tidak dapat mengambilnya kembali.

/proc

Istilah ‘proc’ adalah singkatan dari process (proses). Sama seperti /dev, /proc juga tidak memakan ruang disk. Ia berisi informasi proses. Ini adalah sistem file pseudo yang berisi informasi tentang proses yang sedang berjalan. Ini juga bekerja sebagai sistem file virtual yang berisi informasi teks tentang sumber daya sistem.

  • Percakapan dengan kernel di /proc: Direktori /proc menampilkan pandangan kernel, apa yang dikelola oleh kernel dan merupakan cara untuk berkomunikasi langsung dengan kernel.

Contoh:

bashSalin kodels /proc

Lihat snapshot di atas, perintah “ls /proc” menampilkan isi dari /proc. Banyak file diberi nama sebagai angka dan beberapa file bernama juga ada.

Direktori /proc memiliki beberapa properti file seperti tanggal, yang terus diperbarui seperti yang ditunjukkan dalam snapshot di bawah ini.

Lihat snapshot di atas, ketika sistem memiliki dua CPU, file akan terlihat seperti ini.

  • /proc/interrupts: File /proc/interrupts menampilkan interrupt.

Contoh:

bashSalin kodecat /proc/interrupts

/sys

Istilah ‘sys’ adalah singkatan dari system (sistem). Pada dasarnya ia berisi informasi kernel tentang perangkat keras. Direktori ini dibuat untuk kernel Linux 2.6. Ini adalah sejenis /proc dan digunakan untuk konfigurasi plug and play.

ref:[1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *