Perintah Cat di Linux/Unix dengan Contoh

Perintah cat adalah alat yang paling universal dan kuat. Ini dianggap sebagai salah satu perintah yang paling sering digunakan. Perintah ini dapat digunakan untuk menampilkan isi file, menyalin konten dari satu file ke file lain, menggabungkan konten dari beberapa file, menampilkan nomor baris, menampilkan $ di akhir baris, dan sebagainya.

Perintah cat dapat digambarkan sebagai utilitas standar Unix yang secara berurutan membaca file, menuliskannya pada output standar. Nama ini berasal dari fungsi untuk menggabungkan file. Perintah ini telah dikirimkan ke beberapa sistem operasi. Perintah ini digunakan untuk menggabungkan file yang mencakup beberapa file menjadi satu file.

Penggunaan Perintah Cat

Spesifikasi Unix Tunggal menjelaskan operasi cat untuk membaca file dalam urutan yang diberikan dalam argumennya, menentukan isinya dalam urutan yang sama seperti output standar. Spesifikasi tersebut mengamanatkan dukungan satu opsi bendera, yaitu u (output tidak buffer), yang berarti bahwa semua byte ditentukan setelah dibaca. Secara default, beberapa sistem operasi melakukannya dan menghindari bendera tersebut, seperti yang ada di GNU Core Utilities.

Jika ada nama file input yang dijelaskan sebagai satu tanda hubung, perintah cat membaca melalui input standar dalam urutan pada titik tersebut. Perintah cat hanya membaca dari input standar jika tidak ada file yang disebutkan.

Kasus Penggunaan Perintah Cat

Perintah cat dapat digunakan untuk mem-pipe file ke program apa pun yang mengharapkan data biner atau teks biasa pada aliran input. Perintah cat tidak merusak byte non-teks saat mengeluarkan dan menggabungkan. Dengan demikian, dua kasus penggunaan utama perintah ini adalah jenis file biner format-kompatibel tertentu dan file teks.

Penggabungan teks terbatas pada file teks dengan pengkodean warisan yang sama, seperti ASCII. Perintah cat tidak menawarkan cara untuk menggabungkan file teks Unicode yang mengandung file atau Byte Order Mark dengan pengkodean teks yang berbeda satu sama lain.

File gabungan yang dihasilkan mungkin tidak diizinkan untuk beberapa set data biner terstruktur. Misalnya, jika sebuah file mengandung footer atau header unik, hasilnya akan menduplikasi ini. Namun, untuk beberapa format wadah digital multimedia, file akhir diizinkan, dan perintah cat menawarkan cara yang efektif untuk menambahkan file. Aliran video dapat menjadi contoh file penting yang dapat digabungkan oleh perintah cat tanpa masalah, misalnya, format aliran program DV (Digital Video) dan MPEG (MPEG-2 dan MPEG-1), yang pada dasarnya adalah aliran paket sederhana.

Opsi dalam Perintah Cat

  • –show-all, -A: Sama dengan -vET.
  • –number-nonblank, -b: Menampilkan total baris output yang tidak kosong. Juga, menimpa -n.
  • -e: Sama dengan -vE.
  • –show-ends, -E: Menampilkan simbol $ di akhir semua baris.
  • –number, -n: Memberikan total setiap baris output.
  • –squeeze-blank, -s: Menekan baris output kosong yang berlebihan.
  • -t: Sama dengan -vT.
  • –show-tabs, -T: Menampilkan karakter TAB sebagai ^|.
  • -u: Diabaikan.
  • –show-nonprinting, -v: Menggunakan notasi M- dan ^, kecuali TAB dan LFD.
  • –version: Menampilkan informasi versi output dan keluar.
  • –help: Menampilkan menu bantuan dan keluar.

ref: [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *