Perintah mkdir di Linux/Unix dengan Contoh

Pengenalan mkdir

Sekarang mari kita pelajari cara membuat direktori sendiri dengan bantuan command prompt.

Perintah mkdir adalah singkatan dari ‘make directory’. Dengan bantuan perintah mkdir, Anda dapat membuat direktori baru di mana pun Anda inginkan di sistem Anda. Cukup ketik “mkdir <nama dir>”, gantikan <nama dir> dengan nama direktori baru yang ingin Anda buat, dan tekan enter.

Di sistem operasi ReactOS, Microsoft Windows, IBM OS/2, DR FlexOS, DOS, dan Unix, perintah mkdir digunakan untuk membuat direktori baru. Selain itu, perintah ini juga tersedia dalam bahasa skrip PHP dan EFI shell. Seringkali, perintah ini disebut md di ReactOS, Windows, OS/2, dan DOS.

Perintah ini terkait dengan perintah create_dir Stratus OpenVOS. AmigaDOS dan MetaComCo TRIPOS menawarkan perintah MakeDir yang sama untuk membuat direktori baru. Banyak platform komputasi numerik, seperti GNU Octave dan MATLAB, memiliki fungsi mkdir dengan fungsi yang sama.

Membuat Beberapa Direktori dan Izin

Kita dapat membuat beberapa direktori dengan mengatur izin direktori menggunakan perintah mkdir. Kita tidak bisa membuat direktori tanpa izin, dan kita mungkin menghadapi kesalahan “permission denied”. Direktori yang harus dibuat perlu diberi nama, sehingga mkdir akan membuat direktori tersebut ketika direktori dengan nama tersebut tidak ada. Namun, jika nama tersebut sudah ada, perintah mkdir tidak akan membuat direktori.

Contoh Penggunaan mkdir

Berikut beberapa contoh penggunaan perintah mkdir:

  • Membuat satu direktori: mkdir direktori1
  • Membuat beberapa direktori: mkdir direktori1 direktori2 direktori3
  • Membuat direktori dengan izin khusus: mkdir -m 755 direktori4

Dengan perintah ini, Anda dapat dengan mudah mengatur struktur direktori di sistem Anda sesuai kebutuhan.

ref: [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *