Distribusi Linux (Distro)

Pengenalan ke Distribusi Linux

Sistem operasi lain seperti Microsoft menggabungkan setiap bagian kode secara internal dan merilisnya sebagai paket tunggal. Anda harus memilih dari salah satu versi yang mereka tawarkan.

Namun, Linux berbeda dari mereka. Berbagai bagian dari Linux dikembangkan oleh berbagai organisasi.

Bagian-bagian yang berbeda termasuk kernel, utilitas shell, server X, lingkungan sistem, program grafis, dll. Jika Anda mau, Anda dapat mengakses kode dari semua bagian ini dan merakitnya sendiri. Tapi itu bukan tugas yang mudah karena membutuhkan banyak waktu dan semua bagian harus dirakit dengan benar agar bisa berfungsi dengan baik.

Dari sinilah distribusi (juga disebut sebagai distro) muncul. Mereka merakit semua bagian ini untuk kita dan memberi kita sistem operasi Linux yang telah dikompilasi untuk diinstal dan digunakan.

Apa Itu Distribusi Linux

Distribusi Linux adalah OS yang dibuat melalui koleksi perangkat lunak yang berisi kernel Linux dan sistem manajemen paket. Biasanya, pengguna Linux mendapatkan OS mereka dengan mengunduh distribusi Linux, yang tersedia untuk berbagai sistem mulai dari perangkat tertanam (misalnya, OpenWrt) hingga superkomputer yang kuat (misalnya, Rocks Cluster Distribution). Distribusi Linux terdiri dari kernel Linux, perpustakaan dan alat GNU, perangkat lunak lainnya, sistem jendela, dokumentasi, lingkungan desktop, dan manajer jendela. Hampir setiap perangkat lunak tambahan bersifat open-source dan gratis serta tersedia dalam bentuk kode sumber dan biner yang telah dikompilasi, memungkinkan perubahan pada perangkat lunak yang sebenarnya. Secara opsional, distribusi Linux menambahkan beberapa perangkat lunak berpemilik yang mungkin tidak tersedia dalam bentuk kode sumber, seperti blok biner yang dibutuhkan untuk beberapa driver perangkat.

Sejarah Distribusi Linux

Linus Torvalds mengintegrasikan kernel Linux dan membagikan versi pertamanya, 0.01, pada tahun 1991. Awalnya, Linux didistribusikan hanya sebagai kode sumber, dan setelah itu, sebagai kombinasi gambar floppy disk yang dapat diunduh. Distribusi mulai menyederhanakan prosedur instalasi karena rumit, terutama selama jumlah perangkat lunak yang tersedia semakin meningkat.

Pengguna mengagumi distribusi Linux sebagai pengganti sistem operasi Microsoft Windows dan DOS pada versi Unix yang berpemilik, Apple Macintosh Mac OS, dan sistem kompatibel IBM PC. Hampir setiap pengguna awal sudah terbiasa dengan Unix dari sekolah atau pekerjaan. Mereka menerima distribusi Linux karena biaya rendah dan ketersediaan kode sumber untuk semua atau sebagian besar perangkat lunak mereka.

Linux telah menjadi lebih terkenal di pasar perangkat tertanam dan server dibandingkan dengan pasar desktop sejak tahun 2017. Linux digunakan pada lebih dari 50% server web.

Tren dan Jenis Distribusi Linux

Distribusi Linux mungkin bersifat:

  • Non-komersial atau komersial
  • Dikembangkan untuk pengguna rumahan, pengguna tingkat lanjut, atau pengguna perusahaan
  • Didukung pada dua atau lebih jenis platform atau khusus perangkat keras, bahkan hingga sertifikasi melalui vendor platform
  • Dikembangkan untuk perangkat tertanam, desktop, atau server
  • Sangat khusus atau tujuan umum menuju fungsionalitas mesin tertentu (misalnya, kluster komputer, router jaringan, dan firewall)
  • Ditargetkan pada kelompok pengguna tertentu, misalnya, dengan internasionalisasi dan lokalisasi bahasa atau dengan menyertakan beberapa paket komputasi ilmiah dan produksi musik
  • Utamanya dibangun untuk komprehensivitas, portabilitas, kegunaan, atau keamanan
  • Rilis bergulir atau rilis standar

Keanekaragaman distribusi Linux disebabkan oleh variasi teknis, filosofis, dan organisasi di antara pengguna dan vendor. Lisensi perangkat lunak bebas memungkinkan pengguna yang memiliki minat dan pengetahuan yang cukup untuk menyesuaikan distribusi yang ada atau membuat yang baru sesuai kebutuhan mereka.

Daftar Distribusi Linux

Rata-rata ada enam ratus distributor Linux yang menyediakan berbagai fitur. Berikut, kita akan membahas beberapa distro Linux populer saat ini.

1) Ubuntu

Ubuntu hadir pada tahun 2004 oleh Canonical dan dengan cepat menjadi populer. Canonical ingin Ubuntu digunakan sebagai desktop Linux grafis yang mudah tanpa penggunaan baris perintah. Ini adalah distribusi Linux yang paling dikenal. Ubuntu adalah versi berikutnya dari Debian dan mudah digunakan untuk pemula. Ini datang dengan banyak aplikasi yang sudah terinstal dan pustaka repositori yang mudah digunakan.

Awalnya, Ubuntu menggunakan lingkungan desktop GNOME2 tetapi sekarang telah mengembangkan lingkungan desktop unity sendiri. Ubuntu merilis versi baru setiap enam bulan dan saat ini sedang bekerja untuk berkembang agar dapat dijalankan di tablet dan smartphone.

2) Linux Mint

Mint didasarkan pada Ubuntu dan menggunakan perangkat lunak repositorinya sehingga beberapa paketnya umum di kedua distro.

Awalnya, Mint adalah alternatif untuk Ubuntu karena codec media dan perangkat lunak berpemilik termasuk dalam Mint tetapi tidak ada di Ubuntu. Tetapi sekarang ia memiliki popularitas sendiri dan menggunakan lingkungan desktop cinnamon dan mate alih-alih lingkungan desktop unity milik Ubuntu.

3) Debian

Debian telah ada sejak tahun 1993 dan merilis versinya jauh lebih lambat dibandingkan Ubuntu dan Mint.

Ini membuatnya menjadi salah satu distributor Linux yang paling stabil.

Ubuntu didasarkan pada Debian dan didirikan untuk meningkatkan bagian inti Debian lebih cepat dan membuatnya lebih ramah pengguna. Setiap nama rilis Debian didasarkan pada nama dari film Toy Story.

4) Red Hat Enterprise / CentOS

Red Hat adalah distributor Linux komersial. Produk mereka adalah Red Hat Enterprise Linux (RHEL) dan Fedora yang tersedia secara gratis. RHEL diuji dengan baik sebelum dirilis dan didukung hingga tujuh tahun setelah dirilis, sedangkan Fedora memberikan pembaruan lebih cepat dan tanpa dukungan.

Red Hat menggunakan hukum merek dagang untuk mencegah perangkat lunak mereka didistribusikan kembali. CentOS adalah proyek komunitas yang menggunakan kode Red Hat Enterprise Linux tetapi menghapus semua merek dagangnya dan membuatnya tersedia secara gratis. Dengan kata lain, ini adalah versi gratis dari RHEL dan menyediakan platform yang stabil untuk jangka panjang.

5) Fedora

Fedora adalah proyek yang terutama fokus pada perangkat lunak bebas dan menyediakan versi perangkat lunak terbaru. Ini tidak membuat lingkungan desktop sendiri tetapi menggunakan perangkat lunak ‘upstream’. Secara default, ia memiliki lingkungan desktop GNOME3. Ini kurang stabil tetapi menyediakan perangkat lunak terbaru.

ref: [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *