Perbedaan antara Sistem Operasi Linux dan Windows

Linux vs. Windows Di bagian ini, kita akan membahas perbedaan antara Linux dan Windows dengan mempertimbangkan beberapa parameter seperti kinerja, kegunaan, keamanan, kemudahan penggunaan, dan lainnya untuk memperjelas gambaran penggunaan kedua sistem operasi ini. Selanjutnya, kita akan melihat kelebihan Linux dibandingkan sistem operasi lain seperti Windows dan Mac OS. Hal ini akan membantu Anda memutuskan mana yang lebih baik untuk Anda.

Pengantar Windows Operating System Windows adalah sistem operasi grafis yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Microsoft. Ini juga disebut sebagai Microsoft Windows. Beberapa versi Windows telah diperkenalkan di pasar; versi saat ini adalah Windows 10. Versi pertama Windows diperkenalkan pada 20 November 1985 sebagai sistem operasi grafis untuk MS-DOS.

Microsoft Windows adalah keluarga dari berbagai sistem operasi. Ini datang dengan dua versi, yaitu 64 bit dan 32 bit. Ini memfasilitasi versi klien dan server. Versi klien terbaru adalah Windows 10, dan versi server adalah Windows server 2019.

Windows adalah sistem operasi yang mudah digunakan dan sederhana. Umumnya, ini dirancang untuk pengguna yang tidak memiliki pengetahuan pemrograman. Jadi, kebanyakan digunakan untuk bisnis dan tujuan industri lainnya.

Windows adalah koleksi dari banyak keluarga OS grafis proprietary yang dipasarkan dan dikembangkan oleh Microsoft. Semua keluarga melayani sektor industri komputasi tertentu. Misalnya, Windows IoT untuk sistem tertanam, Windows Server untuk server, dan Windows NT untuk konsumen. Keluarga Windows yang sudah tidak ada termasuk Windows Phone, Windows Mobile, dan Windows 9X. Windows adalah OS desktop paling terkenal di dunia, dengan pangsa pasar 75% pada April 2022, menurut StatCounter. Meskipun demikian, Windows bukanlah sistem operasi yang paling banyak digunakan jika mencakup sistem operasi desktop dan mobile karena pertumbuhan besar Android. Rilis terbaru Windows adalah Windows 11 untuk tablet dan PC konsumen, Windows Server 2022 untuk server, dan Windows 11 Enterprise untuk korporasi pada September 2022.

Generasi Microsoft Windows Berdasarkan Peran Pemasaran

Microsoft telah mendaftarkan banyak merek dagang, yang semuanya mewakili keluarga sistem operasi Windows yang menargetkan sektor industri komputasi tertentu. Di bawah ini adalah keluarga Windows yang sedang dikembangkan hingga 2014:

Windows NT: Dimulai sebagai keluarga OS dengan Windows NT 3.1 dan OS untuk workstation dan komputer server. Sekarang, ini terdiri dari tiga subkeluarga OS yang diterbitkan hampir bersamaan dan berbagi kernel yang sama: Windows: OS untuk tablet dan komputer pribadi mainstream. Rilis terbaru adalah Windows 11. Pesaing utama untuk keluarga ini adalah macOS yang dikembangkan oleh Apple untuk komputer pribadi dan Android serta iPadOS untuk tablet. Windows Server: OS untuk komputer server. Rilis terbaru adalah Windows Server 2022. Pesaing utama untuk keluarga ini adalah Linux. Windows PE: Ini adalah rilis ringan dari saudara Windows-nya, yang berarti untuk diimplementasikan sebagai OS live, digunakan untuk menginstal Windows di atas komputer bare-metal, pemecahan masalah, dan tujuan pemulihan. Rilis terbaru adalah Windows PE 10. Windows IoT: Microsoft awalnya mengembangkan Windows CE sebagai sistem operasi dasar untuk semua perangkat yang sangat terbatas sumber dayanya untuk dikenal sebagai komputer penuh. Meskipun Windows CE diubah namanya menjadi Windows Embedded Compact dan dimasukkan ke dalam merek dagang Windows Compact, yang terdiri dari Windows Embedded Automotive, Windows Embedded Handheld, Windows Embedded Standard, Windows Embedded Professional, dan Windows Embedded Industry.

Fitur Windows OS Beberapa fitur dari Windows OS dijelaskan di bawah ini:

Start Menu: Seperti namanya, ini adalah bagian di mana pengguna memulai tindakannya setelah menyalakan sistem. Start menu mencakup daftar setiap aplikasi, aplikasi yang baru digunakan, dan aplikasi yang dipasangkan. Kita dapat mencari beberapa aplikasi dan file dengan bantuan bilah pencarian. Juga, ada opsi untuk mengganti pengguna dan beralih ke mode tidur/restart/off. Pada dasarnya, ini adalah tempat di mana pengguna dapat memulai pekerjaan mereka dengan memilih tempat untuk memulai tugas mereka. File Explorer: Kita menyimpan masing-masing dokumen kita di satu tempat dan memisahkannya berdasarkan kebutuhan dan penggunaannya dalam kehidupan nyata. Demikian juga, itu diimplementasikan oleh file explorer di Windows. Ini menyimpan masing-masing file kita di satu tempat berdasarkan lokasi yang kita berikan. Setiap lokasi ditampilkan di sini dengan pena drive dan disk yang dapat dilepas yang kita masukkan. Juga, kita dapat mengelola beberapa file dan melaksanakan operasi pada mereka, seperti mengelompokkan, menghapus, mengganti nama, memasukkan file, membuat pintasan, dll. Ini membuat proses pencarian lebih mudah dengan fungsi pencarian. Juga, kita dapat mencari file terbaru yang telah kita gunakan di dalam file explorer. Control Panel: Seperti namanya, ini mengkonfigurasi dan mengontrol aplikasi dan sumber daya di komputer kita. Ada beberapa fungsi yang dapat dilaksanakan berdasarkan kebutuhan pengguna. Cortana: Cortana adalah aspek penting dari sistem operasi Windows. Ini adalah asisten suara yang dioperasikan AI yang bertindak berdasarkan perintah kita dan mendukung kita dalam melakukan tindakan seperti memutar musik, membuka dokumen, dll. Browser (Edge): Microsoft Edge adalah browser default untuk sistem operasi Windows. Kita dapat menemukan informasi tentang apa saja dengan bantuan browser. MS Paint: Seperti namanya, digunakan untuk melukis, seperti mewarnai, membuat lukisan, menggambar, dll. Ini adalah kanvas kosong dengan beberapa bentuk, pena, dan tinta. Sekarang, versi MS Paint yang lebih baik tersedia yang disebut Paint-3D, yang menyediakan fitur lebih terintegrasi. Task Manager: Ini digunakan untuk mengelola setiap tugas yang sedang berjalan saat ini. Kita juga dapat menghentikan paksa operasi yang sedang berjalan dan mendapatkan informasi tentang operasi mana yang aktif di latar belakang. Opsi, yaitu ‘End Task’, memungkinkan kita untuk menghentikan paksa aplikasi yang berjalan di latar depan dan latar belakang. Juga, kita mendapatkan informasi tentang penggunaan memori, RAM, dan CPU yang digunakan oleh beberapa sumber daya sistem.
ref: [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *