Apa itu Azure Resource Manager?

Apa itu Azure Resource Manager?

Azure Resource Manager adalah layanan yang mengelola dan mendeploy sumber daya Azure. Ini memiliki lapisan manajemen yang memungkinkan kita untuk membuat, memperbarui, dan menghapus sumber daya akun Azure. Setelah implementasi, kita menggunakan alat administrasi seperti kontrol akses, kunci, dan tag untuk mengamankan dan mengorganisir sumber daya kita.

Lapisan Manajemen yang Konsisten

Ketika pengguna menggunakan salah satu alat, API, atau SDK Azure untuk mengirim permintaan, Resource Manager menerima dan mengotorisasinya, lalu mengirimnya ke layanan Azure yang melakukan tindakan yang diminta. Karena semua permintaan rute melalui API yang sama, hasil dan kemampuan di semua alat konsisten.

Terminologi

  1. Sumber Daya (resource): Item yang dikelola yang dapat diakses melalui Azure, seperti komputer virtual, akun penyimpanan, basis data, aplikasi web, dan jaringan virtual.
  2. Grup Sumber Daya (resource group): Wadah untuk solusi Azure yang berisi sumber daya terkait yang ingin kita kelola secara bersama-sama.
  3. Penyedia Sumber Daya (resource provider): Layanan yang membuat sumber daya Azure tersedia, seperti Microsoft.Compute untuk mesin virtual atau Microsoft.Storage untuk penyimpanan.
  4. Template Resource Manager (Resource Manager template): File JSON yang menentukan satu atau lebih sumber daya yang akan diterapkan ke grup sumber daya, langganan, grup manajemen, atau penyewa (tenant).
  5. Sintaks Deklaratif (declarative syntax): Sintaks yang memungkinkan kita untuk mengatakan “Ini yang akan saya buat” tanpa harus menulis perintah pemrograman yang menjalankannya. Sintaks deklaratif ditunjukkan dalam Template Resource Manager.

Manfaat Menggunakan Resource Manager

  • Menggunakan templat deklaratif untuk mengelola infrastruktur.
  • Mendeploy, mengelola, dan memantau semua sumber daya solusi kita sebagai sebuah grup.
  • Mendefinisikan ketergantungan sumber daya agar didistribusikan dengan benar.
  • Menggunakan tag untuk mengorganisir sumber daya dengan bijak.
  • Melihat harga untuk sumber daya dengan tag yang sama untuk memahami tagihan organisasi kita.

Memahami Ruang Lingkup

Terdapat empat tingkatan ruang lingkup yang tersedia dalam Azure: kelompok manajemen, langganan, grup sumber daya, dan sumber daya. Kita dapat menerapkan pengaturan manajemen di tingkat mana pun, dan pengaturan dari tingkat yang lebih tinggi diteruskan ke tingkat yang lebih rendah.

Kelompok Sumber Daya

  • Sumber daya dalam kelompok sumber daya harus memiliki masa pakai yang sama.
  • Kelompok sumber daya dapat berisi sumber daya terisolasi.
  • Kita dapat menambahkan atau menghapus sumber daya dari kelompok sumber daya kapan saja.
  • Kita dapat memindahkan kelompok sumber daya dari satu ke yang lain.
  • Metadata tentang sumber daya disimpan dalam kelompok sumber daya, dan lokasi fisik kelompok tersebut penting untuk kepatuhan dan aksesibilitas metadata.

Ketangguhan Azure Resource Manager

Layanan Azure Resource Manager dibangun untuk ketersediaan tinggi dan ketangguhan. Operasi Resource Manager tersebar di seluruh negara, tetapi ketangguhan ini hanya berlaku untuk layanan yang menerima permintaan melalui Resource Manager.

Pengelolaan Batas di Kelompok Sumber Daya

Beberapa layanan memiliki batas yang dapat diubah, dan kita dapat mengajukan permintaan peningkatan batas atau kuota melalui layanan dukungan pelanggan online gratis.

//TC

ref : [1][2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *