Apa itu Cold Storage di Ms Azure?

Microsoft telah mengembangkan layanan cold storage di cloud Azure-nya, yang menyediakan opsi penyimpanan dengan biaya rendah untuk data yang jarang diakses.

Latar Belakang Cold Storage

Pendekatan di balik cold storage adalah bahwa sebagian besar data yang dihasilkan oleh individu dan bisnis jarang diakses, sehingga tidak memerlukan tingkat ketersediaan dan kecepatan akses yang sama dengan aplikasi penting. Oleh karena itu, infrastruktur pusat data yang diciptakan untuk menyimpannya mungkin lebih murah daripada infrastruktur cloud inti, dengan penghematan disalurkan kepada pelanggan dalam hal penyedia cloud.

Cool Blob Storage

Cool Blob Storage adalah layanan baru dari Microsoft, dengan biaya $0,01 hingga $0,048 per GB per bulan, tergantung pada wilayah dan total data yang disimpan. Tier penyimpanan “Hot” Blob Storage memiliki biaya $0,0223 hingga $0,061 per GB, sehingga pelanggan yang memilih tier akses “Cool” dapat menghemat lebih dari 50% biaya penyimpanan sebagian data mereka di cloud Microsoft.

Pentingnya Cold Storage

Cool storage atau penyimpanan dingin adalah tier data yang diakses jarang namun memerlukan latensi dan kinerja yang serupa dengan data panas. Penggunaan penyimpanan dingin meliputi cadangan, materi media, data ilmiah, kepatuhan, dan data arsip. Data ini tidak diakses harian oleh organisasi dan ingin tetap menyimpannya untuk jangka waktu yang sangat lama, sehingga data seperti itu dapat disimpan di cold storage.

Manfaat Blob Storage Accounts

  • Kinerja
  • Hemat biaya
  • Kompatibilitas
  • Ketersediaan
  • Ketahanan
  • Skalabilitas dan Keamanan
  • Jangkauan global

Dukungan Pihak Ketiga

Beberapa organisasi pihak ketiga telah memberikan pembaruan tentang dukungan mereka untuk Cold Storage:

  1. Commvault: Solusi produk perangkat lunak dari Commvault dapat digunakan untuk manajemen data perusahaan yang berbasis Windows/Azure.
  2. Veritas: NetBackupTM dari Veritas dapat melindungi data perusahaan pada skala global.
  3. SoftNAS: SoftNASTM akan memungkinkan Azure Cool storage di masa depan.
  4. Cohesity: Cohesity adalah sistem penyimpanan hiperkonvergen pertama di dunia untuk data perusahaan.
  5. CloudBerry Lab: CloudBerry Backup adalah alat untuk backup Azure Microsoft.

Semua dukungan pihak ketiga ini menunjukkan perkembangan positif dan kesiapan industri dalam mengadopsi layanan Cold Storage di Microsoft Azure.

//TC

ref : [1][2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *