Zona dan Set Ketersediaan Azure

Zona dan Set Ketersediaan Azure

Jika kita ingin memigrasikan sebuah aplikasi yang sangat penting misi ke dalam Azure dan karena sifat dari aplikasi tersebut, salah satu kebutuhan utama adalah membuat aplikasi tersebut tahan terhadap kegagalan yang masuk akal, kegagalan pusat data, dan bahkan kegagalan rak. Jadi, untuk membuat aplikasi tersebut sangat tersedia dalam semua keadaan, kita menggunakan layanan Azure yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dalam hal membuat aplikasi tahan terhadap kegagalan yang masuk akal.

Manajemen Lalu Lintas (Traffic Manager)

Kita dapat menggunakan manajemen lalu lintas untuk memantau titik-titik akhir yang berada di berbagai wilayah, dan jika salah satu titik akhir tidak lagi dapat dijangkau, maka seluruh lalu lintas dapat diarahkan ke titik akhir regional lainnya. Ini memiliki berbagai metode pengalihan, seperti bobot prioritas, kinerja, geografis, dll.

Pembebanan Azure (Azure Load Balancer)

Kita dapat menggunakan pembebanan Azure untuk menyeimbangkan lalu lintas antara server-web atau server aplikasi kita. Ini menawarkan pembebanan lapisan-4, yaitu, jika kita menggunakan IP sumber, port sumber, IP tujuan, port tujuan, dan protokol yang digunakan untuk mengkonfigurasi aturan dalam pembebanan untuk menyeimbangkan lalu lintas antara jenis server-web.

Gateway Aplikasi (Application Gateway)

Jika kita ingin menyeimbangkan lalu lintas berdasarkan pengalihan berbasis URL, atau kita dapat mengatakan bahwa kita ingin meng-host beberapa situs pada alamat IP publik yang sama dan hal-hal lainnya, maka kita dapat menggunakan gateway aplikasi.

Untuk memberikan ketersediaan tinggi, Azure menyediakan dua fitur penting lagi.

Zona Ketersediaan

Ini adalah penawaran ketersediaan tinggi yang melindungi aplikasi dan data Anda dari kegagalan pusat data. Umumnya, setiap wilayah Azure terdiri dari beberapa pusat data yang berlokasi di lokasi fisik yang berbeda. Ketika Anda mendeploy layanan Anda ke dalam Azure, Anda dapat memilih di zona ketersediaan mana Anda ingin mendeploy layanan Anda.

Set Ketersediaan

Ini bekerja pada level rak. Ini adalah pengelompokan logis dari mesin virtual dalam pusat data yang memungkinkan Azure untuk memahami bagaimana aplikasi Anda dibangun untuk menyediakan redundant dan ketersediaan. Set ketersediaan terdiri dari dua domain, yaitu domain kegagalan dan domain pembaruan.

Domain Kegagalan

Ini adalah kelompok logis dari perangkat keras yang mendasarinya yang berbagi sumber daya listrik dan switch jaringan yang sama seperti sebuah rak dalam pusat data lokal. Jadi, jika kita mendeploy semua mesin virtual ke dalam domain kegagalan yang sama, maka setiap kegagalan perangkat keras akan menonaktifkan semua mesin virtual di rak atau domain kegagalan tertentu.

Domain Pembaruan

Ini adalah kelompok logis dari perangkat keras yang mendasarinya yang dapat menjalani pemeliharaan atau reboot pada saat yang sama karena Azure akan melakukan manajemen infrastruktur.

Domain Kegagalan Disk yang Dikelola

Untuk VM yang menggunakan Disk yang Dikelola Azure, VM sejalan dengan domain kegagalan disk yang dikelola saat menggunakan set ketersediaan yang dikelola. Penyesuaian ini memastikan bahwa semua disk yang dikelola yang terpasang ke sebuah VM berada dalam domain kegagalan disk yang dikelola yang sama.

//TC

ref : [1][2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *