Telnet

Telnet

  • Tugas utama internet adalah memberikan layanan kepada penggunanya. Misalnya, pengguna ingin menjalankan program aplikasi yang berbeda di situs jarak jauh dan mentransfer hasilnya ke situs lokal. Ini memerlukan program client-server seperti FTP, SMTP. Namun hal ini tidak memungkinkan kami membuat program khusus untuk setiap permintaan.
  • Solusi yang lebih baik adalah dengan menyediakan program client-server umum yang memungkinkan pengguna mengakses program aplikasi apa pun di komputer jarak jauh. Oleh karena itu, suatu program yang memungkinkan pengguna untuk log on ke komputer jarak jauh. Program klien-server yang populer Telnet digunakan untuk memenuhi permintaan tersebut. Telnet adalah singkatan dari Terminal Network .
  • Telnet menyediakan koneksi ke komputer jarak jauh sedemikian rupa sehingga terminal lokal tampak berada di sisi jarak jauh.

Ada dua jenis login:

Masuk Lokal

  • Ketika pengguna login ke komputer lokal, maka itu dikenal sebagai login lokal.
  • Saat stasiun kerja menjalankan emulator terminal, penekanan tombol yang dimasukkan oleh pengguna diterima oleh driver terminal. Driver terminal kemudian meneruskan karakter-karakter ini ke sistem operasi yang selanjutnya memanggil program aplikasi yang diinginkan.
  • Namun, sistem operasi memiliki arti khusus untuk karakter khusus. Misalnya pada UNIX beberapa kombinasi karakter mempunyai arti khusus seperti karakter kontrol dengan “z” yang berarti menangguhkan. Situasi seperti ini tidak menimbulkan masalah karena driver terminal mengetahui arti dari karakter tersebut. Namun, hal ini dapat menyebabkan masalah pada login jarak jauh.

Masuk Jarak jauh

  • Ketika pengguna ingin mengakses suatu program aplikasi pada komputer jarak jauh, maka pengguna harus melakukan login jarak jauh.

Di situs lokal

    Pengguna mengirimkan penekanan tombol ke terminal driver, karakter tersebut kemudian dikirim ke klien TELNET. Klien TELNET yang pada gilirannya mengubah karakter menjadi kumpulan karakter universal yang dikenal sebagai karakter terminal jaringan virtual dan mengirimkannya ke tumpukan TCP/IP lokal

    Di lokasi terpencil

    Perintah dalam bentuk NVT dikirimkan ke TCP/IP di mesin jarak jauh. Di sini, karakter dikirimkan ke sistem operasi dan kemudian diteruskan ke server TELNET. Server TELNET mengubah karakter yang dapat dipahami oleh komputer jarak jauh. Namun, karakter tidak dapat langsung dialihkan ke sistem operasi karena sistem operasi jarak jauh tidak menerima karakter dari server TELNET. Oleh karena itu diperlukan beberapa perangkat lunak yang dapat menerima karakter dari server TELNET. Sistem operasi kemudian meneruskan karakter ini ke program aplikasi yang sesuai.

    Terminal Virtual Jaringan (NVT)

    • Terminal virtual jaringan adalah antarmuka yang menentukan bagaimana data dan perintah dikirim melalui jaringan.
    • Di dunia sekarang ini, sistem bersifat heterogen. Misalnya, sistem operasi menerima kombinasi karakter khusus seperti token akhir file yang menjalankan sistem operasi DOS ctrl+z sedangkan token yang menjalankan sistem operasi UNIX adalah ctrl+d .
    • TELNET memecahkan masalah ini dengan mendefinisikan antarmuka universal yang dikenal sebagai antarmuka virtual jaringan.
    • Klien TELNET menerjemahkan karakter yang berasal dari terminal lokal ke dalam bentuk NVT dan kemudian mengirimkannya ke jaringan. Server Telnet kemudian menerjemahkan data dari bentuk NVT ke dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer jarak jauh.

    AGR//

    Referensi : [1]

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *