KETERANGAN :

  1. Timeline / Jadwal PA pada semester berjalan bisa dilihat disini.
  2. Topik-topik PA yang ditawarkan dosen akan di-publish oleh Tim PA. (Daftar topik yang ditawarkan dosen bisa dilihat disini)
  3. Dalam melaksanakan penyusunan proposal, mahasiswa akan dibimbing oleh Calon Pembimbing I dan (jika sudah ada) Calon Pembimbing II.
  4. Mahasiswa yang mengajukan topik PA ke Komite PA harus mengisikan data dan mengupload (dalam 1 file*.pdf) pada link yang bisa diakses disini. File yang perlu diupload antara lain :
  5. Komite PA akan melaksanakan sidang komite untuk memeriksa kelayakan topik dan kemungkinan kesamaan dengan topik Proyek Akhir yang telah ada.
  6. Sidang Komite PA akan menetapkan rekomendasi PA disetujui, disetujui dengan catatan, atau ditolak. Hasil Sidang Komite bisa dilihat disini
  7. Setelah Judul PA disetujui sidang komite, mahasiswa melakukan proses bimbingan dengan pembimbing untuk menyelesaikan buku proposal hingga Bab IV. Proses bimbingan harus tercatat pada form bimbingan pra seminar
  8. Mahasiswa mengajukan pendaftaran seminar proposal PA dengan mengupload (dalam 1 file *.pdf) pada Link yang bisa diakses disini. file yang diupload adalah :
    • proposal yang telah di tandatangani pembimbing,
    • form bimbingan pra seminar yang telah ditandatangani pbb 1 dan pbb 2
  9. Mahasiswa yang tidak melaksanakan Seminar PA pada dua perioda seminar PA (dengan alasan apapun) maka dianggap tidak siap dengan judul PA yang diajukan dan harus mengganti judul PA.
  10. Setelah syarat-syarat pendaftaran seminar dipenuhi, mahasiswa melaksanakan seminar Proyek Akhir yang dijadwalkan oleh Koordinator PA dengan dihadiri oleh dosen seminar dan salah satu dosen pembimbing. Jadwal seminar Proposal PA bisa dilihat disini.
  11. Sedangkan form-form yang perlu disiapkan pada saat seminar proposal adalah 1) form berita acara seminar 2) form penilaian seminar 3) form revisi seminar. Mahasiswa juga harus menyerahkan buku proposal yang telah ditandatangani pembimbing kepada dosen seminar sebelum pelaksanaan seminar proposal.
  12. Mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus Seminar proposal Proyek Akhir boleh mengajukan Seminar kembali dengan persiapan yang lebih baik. Jika seminar telah dilakukan 2 kali dan Mahasiswa masih dinyatakan tidak lulus maka Mahasiswa harus mengganti topik PA dan mengulangi proses dari awal.
  13. Pembuatan SK Proyek Akhir diajukan Mahasiswa setelah lulus Seminar Proposal PA maksimal 1 bulan setelah tanggal seminar. Syarat dan prosedur pengajuan SK bisa dilihat disini.
  14. Setelah mendapatkan SK PA, mahasiswa secara resmi berkewajiban melaksanakan Proyek Akhir tersebut dengan didampingi oleh pembimbing.