Perancangan Dan Implementasi Jam Digital Berbasis Internet Of Things Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa/I dan Guru Smk Unggulan Terpadu PGII Bandung

Perancangan Dan Implementasi Jam Digital Berbasis Internet Of Things Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa/I dan Guru Smk Unggulan Terpadu PGII Bandung

Internet of Things (IoT) merupakan sebuah teknologi yang tengah ramai dibincangkan akhir-akhir ini. Dengan teknologi tersebut, setiap barang yang kita miliki nantinya bisa terhubung dengan internet, sehingga bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan smartphone atau bahkan dengan perintah suara. Sejak tahun 2017 diperkirakan sudah ada sekitar 1,5 miliar perangkat yang terhubung dengan internet. Jumlah tersebut bahkan disebut-sebut akan meningkat hingga mencapai dua puluh miliar perangkat di tahun 2020. Di Indonesia sendiri, telah ada beberapa perusahaan yang mencoba masuk ke bisnis IoT, seperti Dattabot dan Dycode. Pemerintah kota seperti Jakarta dan Bandung pun tengah begitu getol mengembangkan teknologi IoT untuk mendukung penerapan konsep Smart City.

SMK Unggulan PGII adalah salah satu lembaga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menyelenggarakan berbagai bidang keahlian, salah satunya ialah Bidang Keahlian Teknik Jaringan Akses dan Multimedia. Sesuai dengan Bidang Keahlian masing-masing, materi yang diberikan lebih menitik beratkan pada bidang keahliannya. Pada pendidikan formal di sekolah telah diajarkan baik teori maupun praktik, tetapi pelatihan di luar sekolah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keahlian siswa. Berdasarkan uraian tersebut, kami ingin mengadakan pelatihan di SMK Unggulan PGII untuk meningkatkan kompetensi bagi para siswa.

Gambar 1. Serah terima perangkat jam digital ioT

Gambar 2. Bahan yang digunakan untuk perangkat jam digital ioT

Pelatihan yang akan diberikan adalah pelatihan pemrograman mikrokontroler yang terintegrasi dengan modul WiFi berbasis esp8266 untuk mendukung aplikasi IoT, perangkat lunak berupa software program Arduino IDE, metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan workshop.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=6Jkbu3hqLEU[/embedyt]

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=xeOxY1cYk5o[/embedyt]