Implementasi Alat Bantu Uji Konsentrasi Anak Usia Dini Dengan Media Permainan
Anak usia dini mengacu pada kelompok usia anak yang berada dalam rentang awal kehidupan, biasanya dari saat lahir hingga sekitar 6 atau 7 tahun. Ini adalah periode yang sangat penting dalam perkembangan anak, karena dalam fase ini berlangsung proses pertumbuhan dan perkembangan yang cepat dan mendasar pada anak. Anak-anak pada usia ini mengalami transformasi penting dalam berbagai aspek, termasuk fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk melatih anak dalam hal keseimbangan antara mental dan jasmani anak serta melatih konsentrasi yang maksimal dalam menggapai tujuan. Pendidikan pada usia dini merupakan tahap krusial dalam perkembangan kognitif dan motorik anak, di mana konsentrasi dan koordinasi motorik memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Namun, belum banyak alat bantu yang memadai untuk mengukur serta melatih konsentrasi dan motorik anak usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menggali potensi positif dari implementasi alat bantu uji konsentrasi anak usia dini dengan media permainan dalam konteks pendidikan. Diharapkan hasil penelitian pengabdian masyarakat ini dapat menjadi sumbangan penting dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif untuk anak usia dini, dengan fokus pada pengembangan konsentrasi dan motorik secara holistik.
Metode pada pengabdian masyarakat ini adalah penerapan teknologi tepat guna, yaitu dengan mengimplementasikan suatu media belajar anak dalam bentuk permainan. Dalam penelitian ini, kami merancang dan mengimplementasikan sebuah alat bantu uji konsentrasi berbasis media permainan interaktif. Alat ini dikembangkan sebagai solusi yang menarik dan menyenangkan untuk mengukur serta melatih konsentrasi dan motorik anak usia dini. Tahapan dalam pengabdian ini antara lain diskusi antara tim pengabdi dengan mitra sasar, dilanjutkan survey lapangan, merumuskan roadmap kegiatan pengabdian masyarakat selama 2 tahun, pembuatan modul pembelajaran berupa media permainan yang dapat melatih kemampuan motorik, daya fikir dan konsentrasi anak dalam menggapai tujuan.