Cloud Service Models

Cloud Service Models

Ada 3 Tipe Cloud Service Models :

  • Infrastructure as a Service (IaaS)
  • Platform as a Service (PaaS)
  • Software as a Service (SaaS)
    Cloud Service Models

    Infrastructure as a Service (IaaS)

    IaaS juga dikenal sebagai Hardware as a Service (HaaS). IaaS adalah infrastruktur komputasi yang dikelola melalui internet. Keuntamaan utama menggunakan IaaS adalah membantu pengguna menghindari biaya dan kompleksitas dari membeli serta mengelola server fisik.

    Characteristics of IaaS

    • Sumber daya tersedia sebagai layanan
    • Layanan sangat mudah ditingkatkan
    • Dinamis dan fleksibel
    • Akses berbasis GUI dan API
    • Tugas administratif yang terotomatisasi

    Contoh: DigitalOcean, Linode, Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, Google Compute Engine (GCE), Rackspace, and Cisco Metacloud.

    Platform as a Service (PaaS)

    Platform komputasi awan PaaS diciptakan untuk para programer mengembangkan, menguji, menjalankan, dan mengelola aplikasi.

    Characteristics of PaaS

    • Dapat diakses oleh berbagai pengguna melalui aplikasi pengembangan yang sama.
    • Terintegrasi dengan layanan web dan basis data.
    • Dibangun di atas teknologi virtualisasi, sehingga sumber daya dapat dengan mudah ditingkatkan atau diturunkan sesuai kebutuhan organisasi.
    • Mendukung banyak bahasa dan kerangka kerja.
    • Memberikan kemampuan “Auto-scale”.

    Contoh: AWS Elastic Beanstalk, Windows Azure, Heroku, Force.com, Google App Engine, Apache Stratos, Magento Commerce Cloud, dan OpenShift.

    Software as a Service (SaaS)

    SaaS juga dikenal sebagai “perangkat lunak berdasarkan permintaan”. Ini adalah perangkat lunak di mana aplikasi di-host oleh penyedia layanan cloud. Pengguna dapat mengakses aplikasi tersebut dengan bantuan koneksi internet dan browser web.

    Characteristics of SaaS

    • Diatur dari lokasi pusat
    • Dihosting di server jarak jauh
    • Dapat diakses melalui internet
    • Pengguna tidak bertanggung jawab atas pembaruan perangkat keras dan perangkat lunak. Pembaruan diterapkan secara otomatis.
    • Layanan ini dibeli berdasarkan penggunaan

    Contoh: BigCommerce, Google Apps, Salesforce, Dropbox, ZenDesk, Cisco WebEx, Slack, dan GoToMeeting.

    //AZS

    referensi : [1][2]

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *