Mengenal Apa Itu Asterisk?
Apa itu Asterisk?
Asterisk adalah perangkat lunak gratis dan sumber terbuka yang dirancang untuk membuat aplikasi komunikasi, seperti sistem telepon IP, Gateway VoIP, server konferensi, dan solusi khusus lainnya untuk perusahaan atau organisasi Anda. Itulah mengapa ini sangat digunakan oleh banyak instansi, pemerintah, dan perusahaan.
Ini dalam perkembangan konstan, oleh karena itu ini adalah proyek yang sangat hidup dengan pembaruan dan perbaikan konstan. Untuk semua ini, telah memantapkan dirinya sebagai salah satu mesin utama PBX berbasis IP di dunia.
Meskipun awalnya dibuat sebagai perangkat lunak switchboard, komponen lain yang diperlukan kemudian ditambahkan untuk membuat sistem komunikasi yang lengkap dan kuat. Apalagi, Asterisk dapat diskalakan, kelebihan lainnya jika Anda berencana untuk menyesuaikannya dengan entitas dari semua jenis ukuran. Dari UKM yang membutuhkan sesuatu yang sederhana untuk mengoordinasikan panggilan masuk dan keluar, hingga Call Center yang paling kompleks.
Tidak seperti sistem telepon tradisional, tidak perlu memperbarui instalasi perangkat keras yang mahal. Selain itu, pengembangnya bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan setiap tahun sehingga sistem tersebut memerlukan pemeliharaan minimal dan setabil mungkin.
Mengapa ini menjadi platform terdepan di dunia?
Asterisk bukan sembarang platform, ini adalah salah satu pemimpin seperti yang telah saya sebutkan. Ini memungkinkan Anda untuk membuat switchboard berdasarkan proyek ini dan berfungsi penuh. Juga memiliki fitur yang menonjol dibandingkan dengan layanan serupa lainnya :
- Fungsi perekaman panggilan otomatis atau sesuai permintaan, dengan fungsi pesan suara tingkat lanjut.
- Kemampuan agen lokal dan jarak jauh untuk membangun pusat layanan pelanggan mereka di mana pun di planet ini.
- Penjawab otomatis untuk penerimaan dan pengelolaan panggilan masuk.
- Sistem untuk membuat dan mengelola antrian panggilan secara efektif antara agen yang tersedia, menahan pelanggan dan menahan mereka.
Pasti satu alternatif yang bagus untuk 3CX dalam hal sistem telepon PBX.
Bagaimana Asterisk dapat membantu bisnis Anda?
Asterisk ini adalah teknologi yang sangat menarik untuk bisnis, bahkan jika Anda wiraswasta. Terlebih lagi pada saat pandemi, karena dapat memberi Anda banyak keuntungan untuk beradaptasi dengan keadaan baru dan terus beroperasi secara normal. Dengannya Anda dapat mengubah PC Anda menjadi server komunikasi VoIP yang canggih untuk memfasilitasi bantuan telepon dari pelanggan Anda.
Seperti yang saya sebutkan di atas, Asterisk digunakan di semua jenis perusahaan dan entitas. Dari beberapa freelancer yang sudah menggunakan switchboard IP, kepada perusahaan besar seperti IBM, Google, pemerintah, dll. Faktanya, itu sudah memiliki pangsa 18%, karena ini open source, gratis, dan sangat kuat.
Asterisk adalah salah satu sistem dengan lebih banyak fungsi, dapat diskalakan, dan salah satu sistem yang memberikan stabilitas lebih. Dan, yang terbaik dari semuanya, itu tersedia untuk berbagai platform: GNU / Linux, macOS, BSD, dan Windows.
Keunggulan Asterisk
Ketika berbicara tentang a Pertukaran telepon IP, atau IP PBX, mengacu pada satu atau lebih telepon SIP (klien) dan server yang dapat Anda pasang dengan Asterisk di PC Anda. Artinya, sistem akan memiliki dua bagian ini, di satu sisi perangkat lunak dan di sisi lain terminal.
Maka? Sangat sederhana, dengan cara ini Anda dapat melakukan panggilan internal melalui file telepon / direktori pengguna hadir di jaringan internal, atau juga merutekan panggilan eksternal melalui VoIP. Dengan begitu, Anda dapat menyiapkan pusat panggilan Anda sendiri untuk melayani pelanggan Anda, membagi panggilan masuk dengan departemen atau pekerja, dll.
itu keuntungan dari sistem ini yang diimplementasikan oleh Astreisk adalah:
- Memfasilitasi instalasi dan konfigurasi switchboard telepon Anda sendiri, karena diimplementasikan oleh perangkat lunak, bukan sistem perangkat keras yang mahal dan kompleks.
- Asterisk juga memungkinkan file administrasi mudah karena antarmukanya yang sederhana dan intuitif.
- Tabungan penting dengan menggunakan telepon VoIP daripada harus mengontrak layanan telepon konvensional yang mahal dimana panggilan jarak jauh atau internasional seringkali mahal.
- Anda tidak perlu melakukan modifikasi di rumah Anda, di posisi baru Anda untuk teleworking, atau di kantor Anda, sejak itu tidak perlu kabel khusus.
- Wujud scalable, Anda akan dapat menambahkan klien (telepon) sehingga lebih banyak departemen atau operator bergabung dalam jaringan bantuan.
- Karena membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah dan memungkinkan Anda untuk menyalurkan panggilan, mengarahkannya ke operator yang gratis setiap saat, dll., Anda tidak perlu mentransfer panggilan secara manual dan itu akan sangat meningkatkan produktivitas.
- Asterisk memungkinkan penggunaan telepon SIP, yang meningkatkan kegunaan.
Bagaimana menggunakan Asterisk untuk sistem telepon Anda ?
Jika Anda ingin menggunakan Asterisk untuk sistem telepon Anda, Anda harus melakukan salah satu dari dua hal: entah memiliki tim teknis Anda menginstal, mengonfigurasi, dan mengembangkan implementasi Asterisk Anda dari awal, atau membeli perangkat Asterisk berbasis IP PBX yang siap pakai. Opsi ini dijelaskan lebih lanjut di bawah.
- Mengembangkan dari awal
Jika Anda memiliki tim teknis yang memiliki pengetahuan teknis mendalam tentang sistem Linux dan seluk-beluk protokol dan operasi VoIP, maka opsi ini mungkin lebih bermanfaat bagi Anda dalam jangka panjang. Ini melibatkan tugas-tugas berikut:
- Mencari server berbasis Linux yang menjalankan salah satu sistem operasi yang didukung, seperti OpenBSD, FreeBSD, atau Solaris, sebagai contoh.
- Membeli perangkat keras khusus untuk server tersebut, seperti kartu FXS/FXO atau ISDN PRI, jika terhubung ke jaringan teleponi tradisional.
- Mengunduh, menginstal, dan mengonfigurasi perangkat lunak Asterisk bersama dengan komponen tambahan apa pun yang diperlukan agar sistem Anda berfungsi seperti yang diinginkan.
- Menghubungkan sistem Asterisk dengan komponen tambahan lainnya (gateway suara, basis data, sistem teleponi lainnya, titik akhir jarak jauh atau lokal, dll.) Implementasi seperti ini memiliki keuntungan dan kerugian.
Keuntungan :
- Sangat modular dan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan
- Dikembangkan oleh tim teknis Anda, sehingga semua pengetahuan teknis tetap berada di dalam perusahaan
- Tidak ada biaya untuk perangkat lunak Kerugian
- Tidak ada kontrak dukungan resmi dengan vendor karena vendor pada dasarnya adalah staf teknis Anda
- Semua masalah atau kerusakan harus ditangani di dalam perusahaan—tidak ada opsi eskalasi yang tersedia
- Interoperabilitas dan kompatibilitas dengan sistem lain diharapkan tetapi tidak diverifikasi, diuji, atau dijamin, sehingga pengujian ekstensif harus dilakukan di dalam perusahaan sebelum implementasi
- Memerlukan keterampilan khusus (dan oleh karena itu mahal) dalam tim teknis, dan umumnya lebih memakan waktu untuk diimplementasikan
Karena Asterisk adalah perangkat lunak sumber terbuka (lebih lanjut tentang itu dalam waktu singkat), memiliki komunitas online yang sangat besar dan aktif yang, antara lain, mengembangkan perangkat lunak dan komponen pendamping yang berfungsi dengannya untuk meningkatkan fitur dan operasinya. Salah satu contohnya adalah antarmuka pengguna grafis (GUI) sumber terbuka yang disebut FreePBX. Ini dapat diinstal bersama dengan Asterisk dan memungkinkan pengguna mengelola server Asterisk VoIP melalui antarmuka GUI berbasis web yang mudah digunakan. Ini hanya satu dari banyak fitur tambahan yang harus diinstal untuk menyesuaikan dan melengkapi pembangunan in-house.
- Menggunakan Produk Berbasis Asterisk
Opsi lainnya adalah membeli perangkat Asterisk berbasis IP PBX. Ini adalah sistem all-in-one yang tersedia secara komersial, yang dikembangkan dan diuji oleh vendor masing-masing. Mereka adalah server khusus dengan komponen inti Asterisk yang telah diinstal dan dikonfigurasi sebelumnya, dan memiliki komponen perangkat keras dan perangkat lunak tambahan sebagai opsi. Contoh dari sistem seperti itu adalah Sangoma’s FreePBX System Appliance. Produk-produk ini juga memiliki keuntungan dan kerugian mereka sendiri.
Keuntungan :
- Mudah diinstal dan dikonfigurasi, dan umumnya tidak memakan waktu lama
- Meskipun beberapa pengetahuan teknis diperlukan, keterampilan yang diperlukan kurang bersifat khusus dibandingkan dengan sistem yang dikembangkan dari awal
- Kontrak dukungan resmi tersedia dari vendor, dan masalah dapat dieskalkasi ke dukungan teknis vendor
- Interoperabilitas komponen perangkat keras dan perangkat lunak telah diuji dengan cermat oleh vendor dan dijamin berfungsi Kerugian
- Tidak sebanyak yang dapat disesuaikan seperti sistem yang dikembangkan dari awal
- Perangkat dan dukungan teknis dapat menjadi mahal
- Pengetahuan teknis mendalam tidak dipertahankan di dalam staf IT Anda
Interoperabilitas
Salah satu keunggulan utama Asterisk secara umum, baik dalam pembangunan dari awal maupun dalam produk berbasis Asterisk yang tersedia secara komersial, adalah interoperabilitasnya dengan hampir semua perangkat keras dan perangkat lunak VoIP. Asterisk memanfaatkan codec dan protokol yang paling banyak digunakan, yang juga didukung oleh sebagian besar vendor peralatan VoIP. Oleh karena itu, mungkin untuk :
- Mendaftarkan hampir semua titik akhir VoIP vendor dengan server Asterisk.
- Menghubungkan berbagai jenis gateway suara ke server Asterisk.
- Menggunakan Asterisk IP PBX itu sendiri sebagai gateway suara antara telepon IP dan PSTN.
- Menghubungkan PBX lain menggunakan trunk SIP atau teknologi ISDN atau analog yang lebih tradisional. Asterisk bahkan memiliki protokol Inter-Asterisk eXchange (IAX) sendiri yang telah distandardisasi oleh Internet Engineering Task Force (IETF), dan secara resmi didefinisikan dalam RFC 5456. Ini digunakan terutama untuk mentransfer sesi teleponi VoIP antara IP PBX berbasis Asterisk.
Apakah Asterisk benar-benar gratis?
Asterisk adalah perangkat lunak sumber terbuka, yang berarti Anda dapat mengunduhnya, menginstalnya, dan menggunakannya secara komersial tanpa biaya. Anda juga dapat masuk dan mengubah kode sumbernya agar berperilaku sesuai keinginan Anda. Sebagai perangkat lunak sumber terbuka, ia memiliki komunitas online yang besar dan aktif yang terus meningkatkan perangkat lunak, dan memberikan sumber pengetahuan dan bantuan teknis.
//AZS