Tautan File di Linux

Sistem file Linux memiliki banyak tautan keras (hard links) dan tautan simbolis (symbolic links). Tautan adalah konektivitas antara nama file dan data byte aktual di ruang disk. Lebih dari satu nama file dapat terhubung ke data yang sama.

Ada dua jenis tautan dalam OS Linux:

  • Tautan Keras (Hard Links)
  • Tautan Lunak (Soft Links)

1) Tautan Keras (Hard Links)

Tautan keras adalah tautan tingkat rendah. Tautan ini menghubungkan lebih dari satu nama file dengan Inode yang sama dan mewakili lokasi fisik dari sebuah file.

Ketika tautan keras dibuat untuk sebuah file, tautan tersebut langsung menunjuk ke Inode file asli di ruang disk, yang berarti tidak ada Inode baru yang dibuat. Direktori tidak dibuat menggunakan tautan keras dan tidak dapat melintasi batas sistem file. Ketika file sumber dihapus atau dipindahkan, tautan keras tidak terpengaruh.

2) Tautan Lunak (Tautan Simbolis)

Tautan lunak sangat umum digunakan. Tautan ini mewakili lokasi virtual atau abstrak dari file. Ini seperti pintasan yang dibuat di Windows. Tautan lunak tidak mengandung informasi atau konten dari file yang ditautkan, melainkan memiliki pointer ke lokasi file yang ditautkan. Dengan kata lain, sebuah file baru dibuat dengan Inode baru, yang memiliki pointer ke lokasi Inode file asli.

Tautan lunak digunakan untuk membuat tautan antar direktori dan dapat melintasi batas sistem file. Ketika file sumber dihapus atau dipindahkan, tautan lunak tidak diperbarui.

Kita akan mempelajari secara mendalam tentang kedua jenis tautan ini, bagaimana cara membuatnya dan menghapusnya.

Topik Tautan File di Linux:

  • Inode
  • Direktori
  • Tautan Keras
  • Tautan Lunak
  • Cara Menghapus Tautan

ref: [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *