PENGABDIAN MASYARAKAT GREENHOUSE DESA CIPAGALO

SKEMA KOLABORASI TELKOM UNIVERSITY JAKARTA

Lokasi dan kondisi lingkungan di Desa Cipagalo merupakan kondisi yang strategis, mengingat letak geografisnya serta sumber daya manusia yang memadai. Oleh karena itu pemberdayaan masyarakat sangat dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat di Desa Cipagalo Bandung. Salah satu media yang dibutuhkan untuk mendukung hal tersebut adalah green house PKK RW.08 di Desa Cipagalo.

Kondisi saat ini menunjukkan green house dalam kondisi rusak. Salah satu penyebab rusaknya green house ini adalah penggunaan bahan bangunan dengan kualitas rendah, karena keterbatasan dana. Sehingga hingga saat ini belum bisa menyokong ekonomi warga. Dengan adanya pemberdayaan masyarakat ini dapat meningkatkan keterampilan dan meningkatkan pengelolaan gerakan program PKK terutama di bidang pertanian.

Pada tanggal 20 Juni 2024, Tim Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi Telkom University dan Telkom University Jakarta berkolaborasi untuk membuatkan green house berbasis IoT untuk mitra PKK Desa Cipagalo Bandung. Melalui program ini diharapkan green house yang telah dibangun dapat memberikan dampak besar dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan PKK RW.08 Desa Cipagalo Bandung. Diharapkan program ini masih dapat dilanjutkan pada periode berikutnya untuk mengoptimalkan fungsi dari green house.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *