Apa itu NVMe (Non-Volatile Memory Express) ?

NVMe merupakan singkatan dari Non-Volatile Memory Express. Arti dari Non-Volatile adalah data yang ada di dalam penyimpanan tidak akan terhapus ketika komputer kita di-reboot.

Protokol NVMe dibangun di atas jalur PCIe.

NVMe adalah protokol transport untuk mengakses penyimpanan non-volatil dengan teknologi yang dikenal sebagai PCI express. Antarmuka ini diperkenalkan pada tahun 2013.

Pada dasarnya ia dirancang untuk memungkinkan transfer data berkecepatan tinggi antara komponen dan sistem komputer.

NVMe merupakan cara yang lebih cepat bagi solid-state drive untuk berkomunikasi dengan sistem host-nya. Antarmuka ini dioptimalkan dan memiliki skalabilitas pengontrol tinggi, yang terutama dirancang untuk memenuhi kebutuhan Enterprise. Antarmuka ini mendukung 64k antrean perintah paralel. Antarmuka ini jauh lebih cepat daripada hard disk, yang terbatas pada satu antrean perintah.

Driver NVMe jauh lebih cepat daripada driver SATA. Tugas input dan output yang dilakukan dengan menggunakan driver NVMe dimulai dan selesai lebih cepat daripada driver lama, seperti AHCI.

Tersedia dalam berbagai faktor bentuk. Beberapa faktor bentuk yang menyediakan teknologi NVMe adalah M.2, U.2, AIC (Aid-in Card), U.3, dan PCIe.

Manfaat utama yang terkait dengan NVM express ialah meningkatkan kinerja dan membantu meningkatkan IOP.

Sejarah NVMe

Pengembangan spesifikasi NVMe dimulai pada tahun 2007 ketika rincian pertama standar baru untuk mengakses memori non-volatil muncul di Forum Pengembang Intel.

Pada bulan April 2008, NVMHCI 1.0 (protokol pertama) telah rampung dan dirilis di situs web Intel. Setelah itu, pekerjaan teknis pada NVM Express dimulai pada paruh kedua tahun 2009. Spesifikasi NVMe diperkenalkan oleh kelompok kerja NVM Express. Kelompok kerja ini mencakup lebih dari sembilan puluh perusahaan. Spesifikasi versi 1.0 dirilis pada tanggal 1 Maret tahun 2011. Dan, versi 1.1 dirilis pada tanggal 11 Oktober tahun 2012. Pada versi 1.1, fitur-fitur utama ditambahkan. Karena fokus pada fitur-fiturnya, awalnya, NVMe 1.1 dikenal sebagai “Enterprise NVMHCI”.

Pada bulan Januari 2013, pembaruan untuk spesifikasi dasar NVMe, yang disebut versi 1.0e, diperkenalkan. Drive NVMe pertama diumumkan oleh Samsung pada bulan Juli 2013. Nama drive ini adalah drive perusahaan XS1715, yang mendukung kecepatan baca 3 GB per detik.

//AGR

Referensi : [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *