Apa itu iSCSI (Internet Small Computer Systems Interface) ?

Dalam Komputasi, iSCSI merupakan singkatan dari ” Internet SCSI ” atau ” Internet Small Computer Systems Interface “. Ini adalah protokol internet yang bekerja di atas TCP (Transport Control Protocol) . Ini adalah protokol yang digunakan untuk menghubungkan komponen atau fasilitas penyimpanan data.

Menggunakan perintah SCSI melalui jaringan TCP/IP , ia mentransfer data melalui intranet.

Ini memungkinkan pengangkutan data SCSI tingkat blok antara klien dan penyimpanan melalui jaringan Transport control protocol/Internet protocol. Ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan data melalui LAN , WAN, atau internet .

Menghubungkan perangkat komputasi ke penyimpanan jaringan. Protokol internet ini menggunakan inisiator untuk mengirim perintah SCSI ke perangkat penyimpanan di server jarak jauh.

Fibre Channel juga merupakan iSCSI, yang digunakan untuk membuat SAN (Storage Area Network) . ISCI menggunakan dua port TCP, yang masing-masing bernama 80 dan 3260. ISCI juga menawarkan enkripsi tingkat tinggi pada paket data yang sedang ditransfer.

Bagaimana iSCSI bekerja?

Dalam Iscsi, data tingkat blok ditransfer antara klien (inisiator iSCSI) dan perangkat penyimpanan (target iSCSI). Ada banyak perangkat iSCSI yang memungkinkan komunikasi ini antara klien dan perangkat penyimpanan.

Ketika aplikasi atau pengguna akhir mengirim permintaan untuk mengakses berkas, server mengubah perintah SCSI menjadi perintah iSCSI, dan setelah itu paket dikirim melalui jaringan IP menggunakan koneksi point-to-point. Ketika paket telah sampai di sisi penerima, protokol iSCSI membongkar paket tersebut. Kemudian, protokol tersebut mengubah paket-paket ini menjadi perintah SCSI dan, akhirnya, mengirimkannya ke penyimpanan.

Keuntungan iSCSI

Berikut ini adalah manfaat atau keuntungan dari iSCSI:

  • Salah satu manfaat utama iSCSI adalah penggunaan protokol TCP/IP untuk memungkinkan perutean IP jarak jauh tanpa memerlukan perangkat keras gateway eksternal apa pun. Selain itu, ia juga meningkatkan fleksibilitas dengan menggunakan TCP/IP.
  • Ia menggunakan ethernet standar, jadi tidak memerlukan komponen mahal apa pun untuk dibangun.
  • Dibandingkan dengan saluran Fiber, ia menawarkan jaringan konektivitas murah untuk mentransfer berkas pada tingkat blok.
  • Kegunaan ulang juga merupakan keuntungan lain dari iSCSI. Server yang ada juga dapat digunakan kembali untuk implementasi iSCSI.
  • Karena digunakan untuk penyimpanan blok, jadi sangat cepat dan efisien daripada protokol transfer berkas (FTP) lainnya.
  • Sangat mudah dipahami dan dikonfigurasikan, sehingga pengguna tidak memerlukan banyak pengetahuan tentang sistem penyimpanan iSCSI.

//AGR

Referensi : [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *