Apa itu DAS (Direct Attached Storage) ?

Apa itu DAS (Direct Attached Storage) ?

DAS adalah singkatan dari Direct Attached Storage . Ini adalah perangkat penyimpanan digital yang terhubung langsung ke server, stasiun kerja, atau komputer pribadi melalui kabel. Dalam Direct Attached Storage, aplikasi menggunakan protokol akses tingkat blok untuk mengakses data.

Tidak diperlukan jaringan apa pun untuk menghubungkan perangkat ke server atau stasiun kerja. Jadi, DAS (Direct Attached Storage) bukan bagian dari jaringan penyimpanan. Beberapa contoh perangkat penyimpanan ini adalah solid-state drive, hard drive, tape library, dan optical disk drive.

Sistem DAS terhubung langsung ke komputer melalui HBA (Host Bus Adapter). Dibandingkan dengan perangkat NAS, perangkat ini terhubung langsung ke server tanpa jaringan. Sistem modern perangkat penyimpanan ini mencakup pengontrol terpadu dari susunan disk dengan fitur-fitur canggih.

Ini merupakan pilihan yang baik bagi bisnis kecil, kelompok kerja, dan departemen yang tidak ingin berbagi data antar perusahaan. Ini digunakan di tempat-tempat yang membutuhkan lebih sedikit host dan server.

Jenis-jenis DAS

Berikut ini adalah dua jenis Direct Attached Storage (DAS):

  1. Internal ITU
  2. Eksternal ITU

Internal ITU

Internal DAS adalah DAS yang perangkat penyimpanannya dipasang secara internal ke server atau PC oleh HBA. Dalam DAS ini, HBA digunakan untuk konektivitas bus berkecepatan tinggi dalam jarak pendek.

Eksternal ITU

DAS Eksternal adalah DAS di mana perangkat penyimpanan eksternal terhubung langsung ke server tanpa perangkat apa pun. Dalam jenis DAS ini, FCP dan SCSI adalah protokol yang bertindak sebagai antarmuka antara server dan perangkat penyimpanan.

Perbedaan Antara NAS dan DAS

Tabel berikut menjelaskan perbedaan antara Direct Attached Storage (DAS) dan Network Attached Storage (NAS) :

Perbedaan Antara DAS dan SAN

Tabel berikut menjelaskan perbedaan antara Direct Attached Storage (DAS) dan Storage Area Network (SAN) :

//AGR

Referensi : [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *