Mengenal ReactJS : Keuntungan dan kekurangan ReactJS

Saat ini, ReactJS adalah pustaka JavaScript open-source yang paling banyak digunakan. ReactJS membantu dalam menciptakan aplikasi web yang mengesankan dengan upaya dan kode yang minimal. Tujuan utama ReactJS adalah mengembangkan Antarmuka Pengguna (UI) yang meningkatkan kecepatan aplikasi. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan ReactJS:

Kelebihan ReactJS

  1. Mudah Dipelajari dan Digunakan

ReactJS lebih mudah dipelajari dan digunakan. ReactJS dilengkapi dengan dokumentasi yang lengkap, tutorial, dan sumber daya pelatihan. Pengembang dengan latar belakang JavaScript dapat dengan mudah memahami dan mulai membuat aplikasi web menggunakan React dalam beberapa hari. ReactJS adalah bagian V (view) dalam model MVC (Model-View-Controller) dan sering disebut sebagai salah satu kerangka kerja JavaScript. Meskipun tidak sepenuhnya fitur lengkap, ReactJS memiliki keuntungan sebagai pustaka User Interface (UI) JavaScript open-source, yang membantu menyelesaikan tugas dengan cara yang lebih baik.

  1. Membuat Aplikasi Web Dinamis Menjadi Lebih Mudah

Membuat aplikasi web dinamis khususnya dengan string HTML cukup rumit karena memerlukan pengkodean yang kompleks, tetapi ReactJS menyelesaikan masalah ini dan membuatnya lebih mudah. ReactJS menyediakan lebih sedikit pengkodean dan memberikan lebih banyak fungsi. JSX (JavaScript Extension) digunakan, yang merupakan sintaks khusus yang memungkinkan kutipan HTML dan sintaks tag HTML untuk merender subkomponen tertentu. JSX juga mendukung pembuatan kode yang dapat dibaca mesin.

  1. Komponen yang Dapat Digunakan Kembali

Aplikasi web ReactJS terdiri dari beberapa komponen, dan setiap komponen memiliki logika dan kontrolnya sendiri. Komponen-komponen ini bertanggung jawab untuk menghasilkan potongan kecil kode HTML yang dapat digunakan kembali di mana pun diperlukan. Kode yang dapat digunakan kembali membantu membuat aplikasi lebih mudah dikembangkan dan dikelola. Komponen-komponen ini dapat disusun dengan komponen lain untuk memungkinkan aplikasi kompleks dibangun dari blok bangunan sederhana. ReactJS menggunakan mekanisme virtual DOM untuk mengisi data dalam HTML DOM. Virtual DOM bekerja dengan cepat karena hanya mengubah elemen DOM individu, bukan memuat ulang seluruh DOM setiap kali.

  1. Peningkatan Performa

ReactJS meningkatkan performa berkat virtual DOM. DOM adalah API lintas platform dan pemrograman yang berurusan dengan HTML, XML, atau XHTML. Sebagian besar pengembang menghadapi masalah ketika DOM diperbarui, yang memperlambat kinerja aplikasi. ReactJS menyelesaikan masalah ini dengan memperkenalkan virtual DOM. Virtual DOM React sepenuhnya ada dalam memori dan merupakan representasi dari DOM browser web. Karena itu, saat menulis komponen React, tidak menulis langsung ke DOM, melainkan menulis komponen virtual yang akan diubah menjadi DOM, menghasilkan performa yang lebih lancar dan cepat.

  1. Dukungan Alat yang Praktis

ReactJS juga mendapatkan popularitas berkat kehadiran serangkaian alat yang praktis. Alat-alat ini membuat tugas pengembang lebih mudah dipahami dan dilakukan. Alat Pengembang React dirancang sebagai ekstensi dev Chrome dan Firefox dan memungkinkan memeriksa hierarki komponen React dalam virtual DOM. Alat ini juga memungkinkan memilih komponen tertentu dan memeriksa serta mengedit properti dan status saat ini.

  1. Dikenal Ramah SEO

Kerangka kerja JavaScript tradisional memiliki masalah dalam menangani SEO. Mesin pencari umumnya kesulitan membaca aplikasi yang berat JavaScript. Banyak pengembang web sering mengeluhkan masalah ini. ReactJS mengatasi masalah ini sehingga pengembang dapat dengan mudah dinavigasi di berbagai mesin pencari. Hal ini karena aplikasi React.js dapat dijalankan di server, dan virtual DOM akan dirender dan dikembalikan ke browser sebagai halaman web biasa.

  1. Keuntungan Pustaka JavaScript

Saat ini, ReactJS dipilih oleh sebagian besar pengembang web. Hal ini karena ReactJS menawarkan pustaka JavaScript yang sangat kaya. Pustaka JavaScript memberikan fleksibilitas lebih bagi pengembang web untuk memilih cara yang diinginkan.

  1. Ruang untuk Pengujian Kode

Aplikasi ReactJS sangat mudah diuji. ReactJS menawarkan ruang di mana pengembang dapat menguji dan men-debug kode mereka dengan bantuan alat-alat asli.

Kekurangan ReactJS

  1. Kecepatan Pengembangan yang Tinggi

Kecepatan pengembangan yang tinggi memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam hal kekurangan, karena lingkungan terus berubah dengan cepat, beberapa pengembang merasa tidak nyaman harus mempelajari kembali cara baru dalam melakukan sesuatu secara teratur. Mungkin sulit bagi mereka untuk mengadopsi semua perubahan ini dengan pembaruan yang terus menerus. Mereka perlu selalu memperbarui keterampilan mereka dan mempelajari cara baru dalam melakukan sesuatu.

  1. Dokumentasi yang Buruk

Ini adalah kekurangan lain yang umum untuk teknologi yang terus berkembang. Teknologi React memperbarui dan berkembang begitu cepat sehingga tidak ada waktu untuk membuat dokumentasi yang baik. Untuk mengatasi ini, pengembang menulis instruksi sendiri seiring dengan perkembangan rilis baru dan alat dalam proyek mereka saat ini.

  1. Bagian Tampilan

ReactJS hanya mencakup lapisan UI dari aplikasi dan tidak lebih. Jadi, perlu memilih teknologi lain untuk mendapatkan set alat lengkap untuk pengembangan dalam proyek.

  1. JSX sebagai Penghalang

ReactJS menggunakan JSX, ekstensi sintaks yang memungkinkan HTML bercampur dengan JavaScript. Pendekatan ini memiliki manfaat tersendiri, tetapi beberapa anggota komunitas pengembang menganggap JSX sebagai penghalang, terutama bagi pengembang baru. Pengembang mengeluh tentang kompleksitasnya dalam kurva pembelajaran.

referensi : [1][2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *