Bagaimana cara kerja ARP ?

Bagaimana cara kerja ARP ?

Cara Kerja ARP (Protokol Resolusi Alamat)

Sebagian besar, program komputer menggunakan alamat IP (Alamat logis) untuk mengirim atau menerima pesan, sehingga komunikasi sebenarnya terjadi melalui alamat fisik (alamat MAC). Jadi tujuan kita adalah mengetahui alamat MAC tujuan yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan perangkat lain. Dalam hal ini, ARP sebenarnya diperlukan karena mengubah alamat IP menjadi alamat fisik.

Cara kerja ARP

  • Pada lapisan jaringan, ketika sumber ingin berkomunikasi dengan tujuan. Pertama, sumber perlu mengetahui alamat MAC (Alamat Fisik) tujuan. Untuk ini, sumber akan memeriksa cache ARP dan tabel ARP untuk alamat MAC tujuan. Jika alamat MAC tujuan ada di cache ARP atau tabel ARP, maka sumber menggunakan alamat MAC tersebut untuk komunikasi.
  • Jika alamat MAC tujuan tidak ada dalam cache ARP atau tabel ARP, maka Sumber akan menghasilkan pesan Permintaan ARP. Pesan Permintaan ARP terdiri dari alamat MAC dan alamat IP sumber. Ini juga berisi alamat IP dan alamat MAC tujuan. Alamat MAC tujuan dibiarkan nol karena pengguna memintanya.
  • Pesan Permintaan ARP akan disiarkan ke jaringan lokal oleh komputer sumber. Semua perangkat di jaringan LAN menerima pesan siaran. Kini, setiap perangkat membandingkan alamat IP miliknya dengan alamat IP tujuan. Jika alamat IP perangkat sesuai dengan alamat IP tujuan, maka perangkat tersebut akan mengirimkan ARP untuk membalas pesan. Jika alamat IP perangkat tidak sesuai dengan alamat IP tujuan, maka perangkat akan secara otomatis membuang paket tersebut.
  • Tujuan mengirimkan paket balasan ARP ketika alamat tujuan cocok dengan perangkat. Paket Balasan ARP itu terdiri dari alamat MAC perangkat. Perangkat tujuan secara otomatis memperbarui tabel dan menyimpan alamat MAC sumber karena alamat ini diperlukan untuk komunikasi dari sumber.
  • Sekarang sumber bertindak sebagai target untuk perangkat tujuan, dan perangkat tujuan mengirimkan pesan Balasan ARP.
  • Pesan Balasan ARP bersifat unicast, bukan disiarkan. Hal ini karena perangkat (tujuan) yang mengirimkan pesan ARP Reply mengetahui alamat MAC perangkat (sumber) yang menjadi tujuan pengiriman pesan ARP Reply.
  • Ketika perangkat sumber menerima pesan ARP Reply, maka ia akan mengetahui alamat MAC tujuan karena paket ARP Reply berisi alamat MAC tujuan beserta alamat lainnya. Sumber akan memperbarui alamat MAC tujuan di cache ARP. Kini pengirim dapat berkomunikasi langsung ke tujuan.

Keuntungan menggunakan ARP

  • Kita dapat dengan mudah mengetahui alamat MAC perangkat jika kita mengetahui alamat IP perangkat tersebut.
  • Tidak perlu mengkonfigurasi alamat node akhir untuk alamat MAC. Kita bisa menemukannya saat dibutuhkan.

Kerugian menggunakan ARP

  • Serangan ARP seperti spoofing ARP dan penolakan layanan ARP dapat terjadi.

//AGR

Referensi : [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *