Apa Itu Search Engine Marketing (SEM) ?

Memahami Search Engine Marketing (SEM) dan Cara Kerjanya yang sangat penting bagi Anda sebagai pemilik situs, produk, atau bisnis. Penting bagi Anda yang memiliki situs atau website untuk memahami apa itu SEM dan bagaimana cara kerjanya. Bahkan, mungkin Anda sudah tanpa disadari telah memanfaatkan dan mendapatkan hasil positif dari Search Engine Marketing.

Pemanfaatan mesin pencari sebagai alat promosi situs kini menjadi pilihan yang sangat efektif dan banyak digunakan. Meskipun masih ada yang belum menyadari potensi dari Search Engine Marketing untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs mereka.

Lebih dalam memahami SEM dan cara kerjanya

kita melihat bahwa media sosial telah menjadi platform utama bagi berbagai informasi, baik yang bersifat pribadi maupun publik. Banyak yang memanfaatkannya sebagai alat promosi untuk produk, usaha, atau situs yang dimiliki.

Sama halnya dengan mesin pencari, seperti Google, yang menjadi pilihan utama ketika seseorang mencari informasi. Pemilik bisnis saat ini juga memanfaatkan mesin pencari melalui praktik yang dikenal sebagai Search Engine Marketing atau SEM.

SEM adalah bentuk pemasaran di internet yang bertujuan meningkatkan visibilitas situs di hasil pencarian dengan melakukan promosi website. Dengan kata lain, Anda membayar mesin pencari seperti Google untuk menempatkan situs Anda di halaman utama.

Jika Anda masih bingung, berikut adalah cara kerja SEM:

Kata Kunci:

  • Terkadang, kata kunci dalam Search Engine Marketing dapat menimbulkan kebingungan.
  • Banyak yang mengira penggunaan kata kunci hanya terkait dengan teknik Search Engine Optimization (SEO).
  • Sebenarnya, SEO merupakan bagian dari cara kerja SEM yang terkait dengan pemilihan kata kunci yang tepat dan paling banyak dicari.

Social Media Marketing:

  • Selain pemilihan kata kunci yang sesuai dengan teknik SEO, media sosial menjadi langkah berikutnya dalam cara kerja SEM.
  • Dengan mempromosikan situs di berbagai media sosial, situs atau website Anda akan menjadi lebih dikenal.

Paid Search:

  • Langkah terakhir dalam cara kerja SEM adalah memanfaatkan iklan berbayar seperti Facebook ads atau Google ads.
  • Dengan melakukan iklan berbayar, jangkauan promosi Anda akan lebih luas sesuai dengan target yang diinginkan.

Demikianlah pengertian mengenai apa itu SEM dan cara kerjanya, khususnya bagi Anda yang menjadi pemilik website, produk, atau bisnis.

// Hazell

[1][2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *