Peningkatan Site Plan Skill Menggunakan Software Atoll Bagi Para Siswa Program Studi Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi SMK Telkom Bandung

Dunia pendidikan memiliki peranan sangat penting dalam peningkatan kualitas dan keterampilan tenaga kerja. Khususnya bidang TIK, membutuhkan keterampilan pada tiap individunya untuk dalam menggunakan dan merawat baik hardware maupun software. Tidak hanya lulusan dari Perguruan Tinggi yang diharapkan memiliki kualitas dan keterampilan tersebut, akan tetapi juga lulusan SMK.

Atoll adalah software yang digunakan untuk melakukan perencanaan dan optimasi jaringan Radio Frequency (RF). Software ini menyediakan beberapa fitur yang komprehensif dan terpadu sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah proyek ataupun perencanaan radio atau perencanaan microwave dalam satu aplikasi. Number of site merupakan jumlah site yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna di masa mendatang sesuai dengan prediksi yang telah dihitung pada proses sebelumnya.

Program studi D3 Teknologi Telekomunikasi ingin ikut berkontribusi dalam peningkatan keterampilan para siswa SMK khususnya kemampuan site plan jaringan 4G LTE menggunakan Atoll 3.3. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan memberikan pelatihan site plan menggunakan software Atoll 3.3 untuk siswa SMK Telkom Bandung. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya Dosen Prodi D3 Teknik Telekomunikasi Telkom University dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya di SMK Telkom Bandung.

Pada kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini, peserta menyimak pemaparan materi dari para pengajar terkait RF Planning. Sesi selanjutnya peserta menyimak bagaimana cara melakukan RF planning baik capacity maupun coverage planning menggunakan Atoll

Translate »