Pembuatan Aplikasi Perangkat Fiber To The Home Berbasis Augmented Reality Untuk Konten Pembelajaran Daring bagi Guru Dan Siswa SMK Prakarya International (PI)

Pembuatan Aplikasi Perangkat Fiber To The Home Berbasis Augmented Reality Untuk Konten Pembelajaran Daring bagi Guru Dan Siswa SMK Prakarya International (PI)

Pembentukan tenaga kerja terampil dan berkualitas tidak terlepas dari kualitas pendidikan. Salah satu faktor yang menentukan kualitas pendidikan di sebuah negara adalah kualitas kurikulum yang berorientasi pada konsep pendidikan link and match, yakni konsep keterkaitan dan kesepadanan antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Langkah strategis yang dilakukan oleh pemerintah dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas tidak hanya pada level perguruan tinggi saja, tetapi juga pada level menegah atas salah satunya SMK.

SMK Prakarya Internasional

SMK Prakarya International adalah salah satu sekolah menengah kejuruan berbasis aplikasi teknik terapan dan manajemen terkemuka yang berlokasi di kota Bandung,  di Jalan Imhoftank 146 Tegalega (Terusan Otista) Bandung Jawa Barat, Indonesia. SMK Prakarya Internasional (SMK PI) memiliki 8 (delapan) bidang Program Studi Keahlian, yaitu : Teknik Mesin,Teknik Listrik, Teknik Elektronika Industri, Teknik Komputer Jaringan ,Teknik Kendaraan Ringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Administrasi Perkantoran dan Teknik Sepeda Motor.

Sebagai penyelenggara pendidikan pihak SMK Prakarya International di tuntut untuk lebih aktif meningkatkan proses belajar mengajar (PBM) yang lebih mengarahkan peserta didik pada pendidikan yang berbasiskan kecakapan hidup (life skill) melalui mata pelajaran yang diberikan terutama dimasa pandemi Covid 19 ini. Selama pembelajaran daring ini pembelajaran di SMK Prakarya International belum bisa memenuhi semua materi pembelajaran yang akan disampaikan. Materi pembelajaran yang disampaikan masih memiliki keterbatasan dan rata-rata siswa kurang antusias dan sulit memahami pelajaran tersebut.  

Pembukaan Pelatihan Melalui Teleconference

Untuk itu perlu upaya pengembangan media pembelajaran untuk materi yang akan disampaikan via daring selama masa pandemi covid 19 pada SMK Prakarya International untuk mendukung pembelajaran siswanya selama e-learning saat School From Home (SFH). Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 16 Mei 2020 ini bertujuan mengajari para Guru dan Siswa dalam membuat dan menggunakan teknologi Augmented Reality untuk membantu pembelajaran di sekolah

Proses pelatihan AR melalui media teleconference

Penggunaan teknologi AR dapat membantu pembelajaran karena siswa dapat mempelajari suatu perangkat tanpa perlu memegang perangkat tersebut secara langsung. Hal ini cukup dengan memindai marker yang nantinya akan menampilkan perangkat tersebut secara visual dan 3D lengkap dengan penjelasannya. Bentuk audio visual aplikasi yang menggunakan teknologi AR sangat menarik dan memudahkan bagi para siswa untuk mempelajari materi tersebut

Penyerahan Perangkat alat ukur Optik

Dengan pembekalan Pengetahuan teknologi augmented reality ini diharapkan para guru terutama bisa mengembangkan konten pembelajaran yang lebih menarik sehingga pembelajaran di SMK Prakarya Internasional dapat menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah ditangkap oleh siswa, metode augmented reality diharapkan juga dapat membuat siswa lebih antusias dan tidak mudah jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran.

Video Palaksanaan Pelatihan melalui teleconference

Oleh:
Ketua: Hafidudin, MT
Anggota: Dwi Andi Nurmantris, MT

Anggota mahasiswa:

  1. Huyan Sari Pangrintis

D3 TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU TERAPAN
UNIVERSITAS TELKOM
2020

Translate »