Pemasangan Sistem CCTV Untuk Keamanan Dan Kegiatan Takmir Di Mesjid Riyadhul Jannah, RW 09 Pandan Wangi, Bandung

Pemasangan Sistem CCTV Untuk Keamanan Dan Kegiatan Takmir Di Mesjid Riyadhul Jannah, RW 09 Pandan Wangi, Bandung

Closed-circuit Television (CCTV), yang disebut juga sebagai Video pengawas, merupakan penggunaan kamera video untuk mentransmisikan sinyal ke tempat tertentu, dalam bentuk tampilan yang terbatas. Mesjid Jami Riyadhul Jannah RW09 Pandanwangi Bandung merupakan salah satu sarana ibadah bagi umat islam yang terletak di Jalan kencana arum II kelurahan cijaura kecamatan buah batu bandung. Sebagai sarana ibadah yang menjadi tempat dilaksanakannya beberapa kegiatan peribadatan rutin seperti sholat berjamaah, masjid jami riyadhul Jannah RW09 bandung perlu dilengkapi dengan fasilitas umum pemantau keamanan berupa sistem kamera CCTV.

Dengan teknologi ini, potensi tidak kejahatan seperti pencurian kotak amal ataupun fasilitas masjid lainnya seperti sistem audio pengeras suara dapat dicegah lebih awal. Kegiatan takmir masjid yang diselenggarakan oleh pengurus DKM Riyadhul Jannah juga diharapkan dapat didokumentasikan dengan baik menggunakan sistem CCTV ini.

Penempatan sistem CCTV untuk pengawasan bagian depan dan belakang juga membantu masyarakat sekitar masjid dalam pengawasan keamanan terutama dari kejadian pencurian dan kejahatan lainnya. Hal ini juga untuk memberikan manfaat kepada jamaah dalam memberikan rasa aman saat melakukan kegiatan ibadah. Untuk mengimplementasikannya Direktorat PPM Universitas Telkom bekerja sama dengan Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi dan pengurus DKM Mesjid Riyadhul Jannah RW09 Pandanwangi Kota Bandung telah berhasil mewujudkannya pada tahun 2020 seperti dapat dilihat pada video ini.

Dosen dan mahasiswa yang terlibat pada kegiatan ini adalah : DENNY DARLIS, S.Si., M.T., ASEP MULYANA, S.T., M.T., SENDY SETIAWAN, dan
TIA RAHMAWATI.

Dengan diadakannya kegiatan ini maka keterampilan dan keahlian pemasangan sistem CCTV bagi dosen dan mahasiswa D3 Teknologi Telekomunikasi bisa terasah. dan kerjasama antara Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi Universitas Telkom dengan Jamaah Mesjid Jami Riyadhul Jannah RW 09 Pandanwangi Bandung dapat ditingkatkan.

Translate »