Peningkatan Kompetensi “Pembuatan Report serta Evaluasi Hasil Walk Test Jaringan 4G LTE” bagi Civitas Academica SMK Telkom Bandung

Peningkatan Kompetensi “Pembuatan Report serta Evaluasi Hasil Walk Test Jaringan 4G LTE” bagi Civitas Academica SMK Telkom Bandung

Sejak diberlakukan MEA maka barang dan jasa dari semua negara anggota ASEAN akan lebih bebas untuk masuk ke Indonesia. Salah satu dampak positif MEA bagi masyarakat Indonesia ialah memperluas lapangan kerja dan kesempatan masyarakat untuk bekerja. MEA akan memberikan dampak negatif jika masyarakat Indonesia tidak siap, hal ini dikarenakan dalam mekanisme MEA berbagai profesi (seperti pedagang, dokter, guru, pengacara, dll) boleh diisi oleh tenaga kerja dari luar negeri (misal Malaysia, Singapura, dsb). Langkah strategis yang harus dilakukan untuk memenangkan MEA antara lain adalah meningkatkan kemampuan tenaga kerja sesuai standar yang berlaku. Oleh sebab itu, pendidikan dijadikan sebagai pilar strategis kekuatan bangsa menghadapi MEA.

Salah satu misi SMK Telkom Bandung adalah mewujudkan tamatan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, cerdas, dan memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahlian. Selaras dengan misi tersebut, Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi merupakan salah satu program studi yang ada di SMK Telkom Bandung. Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi adalah program ilmu kejuruan yang mempelajari tentang jaringan, baik itu jaringan Akses Kabel (Tembaga, Coaxial, Fiber Optik) maupun Nirkabel (Radio, Gelombang Mikro). Salah satu materi yang dipelajari pada program studi tersebut berkaitan dengan sistem komunikasi seluler. Perkembangan teknologi seluler yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Kegiatan komunikasi yang sebelumnya penuh dengan tantangan, kini relatif sudah digantikan oleh sistem yang lebih menjanjikan. Hal tersebut tentu saja menjadi tantangan bagi pihak penyelenggara komunikasi seluler untuk terus memberikan pelayanan terbaik, dengan demikian selain sistem yang mumpuni maka dibutuhkan juga sumber daya manusia yang bisa diandalkan.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan ialah pemberian modul dan video tutorial pembuatan report dan evaluasi hasil walk test pada jaringan 4G LTE. Keahlian membuat report dan mengevaluasi data hasil walk test sangat penting karena berkaitan dengan langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh pihak penyedia layanan seluler dan tentunya sangat berkaitan erat dengan hajat hidup pengguna layanan tersebut. Kemampuan untuk membuat report dan mengevaluasi hasil walk test banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi khususnya komunikasi seluler. Semoga modul dan video tutorial yang diberikan kepada SMK Telkom Bandung dapat menambah pengetahuan siswa dan menjadi keterampilan tambahan sebagai bekal saat terjun di dunia kerja.

Translate »