Pelatihan Pemeliharaan CCTV Untuk Keamanan Dan Kegiatan Takmir Di Mesjid Riyadhul Jannah, RW 09 Pandan Wangi, Bandung

Pelatihan Pemeliharaan CCTV Untuk Keamanan Dan Kegiatan Takmir Di Mesjid Riyadhul Jannah, RW 09 Pandan Wangi, Bandung

Masjid bagi umat islam merupakan bangunan paling penting dalam kehidupan beragama. Selain sebagai tempat menjalankan ibadah sehari-hari, masjid juga merupakan sarana pembinaan dan pengembangan spiritual umat. Berbagai kegiatan diselenggarakan di masjid untuk umat sebagai upaya untuk memakmurkan masjid seperti TPA, Kajian Rutin, Peringatan hari besar, dll.

Di Indonesia, jumlah masjid atau mushola yang tersebar di seluruh pelosok wilayah sangatlah banyak. Hampir tiap Desa bahkan Tiap RW atau RT memiliki masjid atau mushola sendiri. Demikian juga pada masyarakat perkotaan saat ini yang lebih banyak tinggal diperumahan atau kompleks, biasanya dalam satu kompleks perumahan sudah pasti didalamnya ada fasilitas masjid sebagai tempat ibadah. Meskipun masjid sebagai tempat ibadah, tidak serta merta di lingkungan masjid  terbebas dari tindak kriminalitas, beberapa kali terdengar berita dari media elektronik banyak terjadi pencurian kotak amal, pencurian sandal dan kendaraan jamaah juga sering terjadi, bahkan parahnya dimesjid juga pernah dilaporkan terjadi tindakan asusila. 

Bagian Dalam masjid Riyadhul Jannah Kompleks pandan Wangi Bandung

Dalam program pengabdian masyarakat Universitas Telkom kali ini, kami telah mengimplementasikan Closed-circuit television (CCTV) serta memberikan pelatihan pemeliharaan CCTV pada salah satu masjid di perumahan Pandanwangi yang terletak kurang lebih 7 Km dari kampus Telkom University yaitu masjid Riyadhul jannah. Masjid Riyadhul Jannah terletak di Jalan Kencana Arum Raya Blok L 8 Kompleks Pandanwangi RW 09 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buah Batu Kota Bandung

Penyerahan Perangkat CCTV sebelum instalasi

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berjudul “Pelatihan Pemeliharaan CCTV untuk Keamanan dan Kegiatan Takmir di Mesjid Riyadhul Jannah, RW 09 pandan Wangi, Bandung” ini memiliki tujuan untuk membantu membekali pengetahuan dan keterampilan pengurus/DKM masjid Riyadhul jannah dalam pengoperasian dan perawatan perangkat CCTV sebagai upaya agar perangkat CCTV yang telah dipasang dilingkungan masjid menjadi maksimal pemanfaatannya dan awet/maksimal usia pakainya

Spanduk Pelaksanaan Pengabdian masyarakat

Adapun langkah-langkah dan bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan dimasa PSBB (pembatasan Sosial Berskala Besar) dan WFH (Work From Home) agar kegiatan tetap terlaksana adalah :

  1. Membuat Video Pelatihan Pemeliharaan CCTV kemudiaan mengupload ke Youtube.
  2. Membuat Buku/Modul Pelatihan kemudian mengupload ke Google Drive
  3. Memberikan/Mensosialisasikan Link Video dan Modul Pelatihan kepada Peserta (DKM masjid) melalui aplikasi watshapp untuk disimak dan dipelajari.
  4. Memberikan Kuisioner mengenai pelaksanaan pengabdian masyarakat.
Sosialisasi Link Pelatihan melalui WA

adapun Video Pelatihan Pemeliharaan CCTV bisa dilihat pada Youtube pada Link Dibawah :

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada pengabdian masyarakat ini diharapkan menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan pengawasan dan pengamanan di kawasan masjid Riyadhul Jannah Kompleks Pandan Wangi Bandung.

Oleh:
Ketua: Dwi Andi Nurmantris, MT
Anggota: Denny Darlis, MT
Anggota mahasiswa:

  1. Nicholas Teja Pratama
  2. Afif Humam

D3 TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU TERAPAN
UNIVERSITAS TELKOM
2020

Translate »