Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Berbasis Website  Sebagai Upaya Pengembangan UMKM Calista Bagelen Menjadi oleh-oleh khas Kota Cimahi

Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Berbasis Website Sebagai Upaya Pengembangan UMKM Calista Bagelen Menjadi oleh-oleh khas Kota Cimahi

Salah satu prioritas pembangunan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) adalah pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini didasarkan fakta bahwa UMKM telah banyak berkontribusi dalam perekonomian nasional. Pengembangan UMKM menjadi sangat strategis, karena potensinya yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat, dan sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan sebagian besar.

Dalam kegiatan ini kami dosen Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi (Rohmat Tulloh, S.T., M. T, Hafidudin, Ir., M.T) dan mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pemanfaatan sistem informasi berupa website sebagai wadah bagi UMKM Calista Bagelen. Tujuan dari kegiatan ini untuk membantu memasarkan produk melalui internet dan diharapkan dapat memperluas pasar serta meningkatkan daya saing khususnya dalam pemasaran produk dan menjadikan produk UMKM sebagai oleh-oleh khas cimahi.

Hampir sebagian besar kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan secara online, mengigat kondisi saat ini yang kurang memungkinkan dilakukan kegiatan secara langsung. Selain itu perbedaan kota dengan mitra juga menjadi tantangan dalam kondisi PSBB (pembatasan sosial berskala besar) saat ini. Namun alhamdulilah kami masih dapat memberikan hasil kegiatan ini kepada mitra untuk digunakan sebagai media pemasaran. Hasil pengabdian masyarakat berupa website yang beralamat di www.bagelencalista.com. Masa hosting kami buat selamat 2 tahun dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.

Kami berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat baik bagi UMKM Calista Bagelen maupun bagi kami para Dosen untuk mengabdikan ilmu yang kami miliki bagi kemajuan dan perkembangan teknologi sesuai bidang keahlian. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak turut serta dalam mendukung program ini, sehingga nantinya dapat sesuai dengan yang direncanakan pada tahun akademik 2019/2020.

Translate »