Pembangunan Jaringan Distribusi dan Proteksi Listrik untuk Catu Daya Pompa Air Dalam Rangka Mendukung Upaya Penanggulangan Banjir di Komplek Kinagara Regency

Pembangunan Jaringan Distribusi dan Proteksi Listrik untuk Catu Daya Pompa Air Dalam Rangka Mendukung Upaya Penanggulangan Banjir di Komplek Kinagara Regency

Masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya, menantikan upaya penanganan banjir yang hampir selalu terjadi di musim penghujan, langkah-langkah strategis perlu dilakukan pihak terkait dalam upaya penanggulangan banjir skala Provinsi. Kinagara Regency adalah klaster perumahan yang terletak di daerah Buahbatu, Bandung. Tepatnya di Jl. Tirtawangi Raya (terusan Jl. Ciganitri), Kelurahan Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk mengatasi banjir, Pengurus dan warga warga Kinagara Regency bersepakat akan membangun sistem Drainase dan Kolam Resapan Air Hujan, serta pembuangan air berlebih ke sungai terdekat menggunakan pompa. Pompa penyedot air tersebut tersebar pada 2 lokasi perumahan, yang berfungsi untuk melakukan penyedotan air di lokasi banjir guna mengurangi volume air di dalam komplek.Untuk membuat pompa air bekerja dengan baik, diperlukan Pembangunan Jaringan Distribusi dan Proteksi Listrik sebagai Catu Daya Pompa Air di Komplek Kinagara Regency, perlu dibuat sebaik mungkin. Pemahaman tentang teknik instalasi dan proteksi listrik sangat diperlukan agar didapatkan hasil yang optimum, aman serta handal bagi pemakai sumber tenaga listrik.

Karena pada musim penghujan rentan terjadi gangguan listrik disebabkan beberapa faktor, yakni hujan deras dan angin kencang berakibat jaringan listrik terkena dampak pohon tumbang, jaringan listrik tersambar petir, tiang listrik bergeser atau roboh karena longsor, serta gardu listrik padam akibat terendam banjir.
Kondisi tersebut terkadang membuat PLN memadamkan aliran listrik untuk menjaga keselamatan warga agar tidak tersengat listrik dan meminta masyarakat untuk mengamankan instalasi listrik dirumahnya masing-masing.

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Memperhatikan posisi stop kontak atau kabel rol yang berada dibawah atau dekat dengan lantai. Amankan kabel rol atau kabel ekstension yang berpotensi terendam air.
  2. Mematikan peralatan listrik dan elektronik yang dekat di lantai (terutama mesin air/jet pump) dengan mencabut kabel listrik dari stop kontak dan pindahkan ke posisi yang lebih aman.
  3. Tidak memegang kabel yang terbuka atau terkelupas.
  4. Memastikan stop kontak sudah tergenang/rumah dalam kondisi kebanjiran, pastikan Mini Circuit Breaker (MCB) yang berfungsi sebagai pemutus aliran listrik telah dimatikan sehingga tidak ada aliran listrik ke dalam rumah.
Translate »