PELATIHAN PERAKITAN ROBOT MOBIL DENGAN KENDALI BERBASIS IOT BAGI SISWA SMK UNGGULAN PGII BANDUNG

PELATIHAN PERAKITAN ROBOT MOBIL DENGAN KENDALI BERBASIS IOT BAGI SISWA SMK UNGGULAN PGII BANDUNG

Revolusi industri 4.0 disepakati sebagai momen penting bagi seluruh kehidupan manusia. Kesepakatan ini akan mengubah cara hidup dan manusia itu sendiri dalam bekerja dan mengerjakan pekerjaannya, karena akan lebih banyak menggunakan dan dibantu oleh perangkat mesin yang terhubung dengan internet dan mampu membangun pengetahuannya sendiri melalui jaringan internet yang digunakannya.

Berdasarkan uraian tersebut, kami Tim Kegiatan PkM 2019-2 yang terdiri dari dosen yang dibantu oleh mahasiswa D3 Teknologi Telekomunikasi melaksanakan kegiatan pelatihan perakitan mobil robot dengan kendali berbasis IoT bagi siswa SMK Unggulan PGII di Gedung Selaru, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. Kegiatan ini merupakan gerbang untuk menguasai kompetensi yang dibutuhkan pada revolusi industri 4.0 serta melanjutkan program peningkatan kompetensi sebelumnya terkait pemrograman mikrokontroler untuk aplikasi IoT.

Dari hasil pelaksanaan kami mendapatkan penilaian dan masukan yang positif terkait kegiatan ini. Lebih dari 90% peserta memberikan penilaian positif atas penyampaian materi dan prakteknya. Diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini dapat bermanfaat serta terjalin kerjasama lebih lanjut untuk membentuk Teaching Factory di SMK Unggulan Terpadu PGII Bandung sebagai sekolah binaan Program Studi DIII Teknologi Telekomunikasi Universitas Telkom Bandung.

Translate »