Pelatihan Perancangan Jaringan Akses Menggunakan Google Earth Untuk Siswa Dan Guru SMK Itikurih Hibarna Ciparay

Pelatihan Perancangan Jaringan Akses Menggunakan Google Earth Untuk Siswa Dan Guru SMK Itikurih Hibarna Ciparay

Pembentukan tenaga kerja terampil dan berkualitas tidak terlepas dari kualitas pendidikan. Salah satu faktor yang menentukan kualitas pendidikan di sebuah negara adalah kualitas kurikulum yang berorientasi pada konsep pendidikan link and match, yakni konsep keterkaitan dan kesepadanan antara dunia pendidikan dan dunia kerja (dunia industri). Langkah strategis yang dilakukan oleh pemerintah dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas tidak hanya pada level perguruan tinggi saja, tetapi juga pada level menegah atas salah satunya SMK.

Indonesia sebagai negara kepulauan, sehingga dibutuhkan sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pulau yang satu dengan pulau yang lainnya, salah satunya melalui jaringan komunikasi fiber optik (serat optik). Hampir seluruh jaringan akses kabel dibangun menggunakan komunikasi serat optik. Pesatnya pembangunan jaringan ini sangat membutuhkan peran seorang Teknisi instalasi serat optik yang kompeten. Permasalahannya adalah hingga saat ini banyak sekolah SMK yang dalam kurikulumnya terdapat mata pelajaran optik belum memiliki sarana laboratorium untuk praktek sistem komunikasi serat optik untuk meningkatkan kompetensi siswanya.

Tujuan akhir dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Pelatihan Perancangan Jaringan Akses Menggunakan Google Earth Untuk Siswa dan Guru SMK Itikurih Hibarna Ciparay. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian para dosen D3 Teknik Telekomunikasi Telkom University dalam membantu pengembangan media ajar bagi guru dan siswa guna peningkatan sumberdaya manusia khusus dilingkungan SMK Itikurih Hibarna Ciparay.

Translate »