Drafter Training of Fiber Optic Communication System untuk SMK Prakarya Internasional Bandung

Drafter Training of Fiber Optic Communication System untuk SMK Prakarya Internasional Bandung

Tim Dosen :

  1. Atik Novianti, S.ST., M.T.
  2. Suci Aulia, S.T., M.T.

Sejak diberlakukan MEA maka barang dan jasa dari semua negara anggota ASEAN akan lebih bebas untuk masuk ke Indonesia. Salah satu dampak positif MEA bagi masyarakat Indonesia ialah memperluas lapangan kerja dan kesempatan masyarakat untuk bekerja. MEA akan memberikan dampak negatif jika masyarakat Indonesia tidak siap, hal ini dikarenakan dalam mekanisme MEA berbagai profesi (seperti pedagang, dokter, guru, pengacara, dll) boleh diisi oleh tenaga kerja dari luar negeri (misal Malaysia, Singapura, dsb). Langkah strategis yang harus dilakukan untuk memenangkan MEA antara lain adalah meningkatkan kemampuan tenaga kerja sesuai standar yang berlaku. Oleh sebab itu, pendidikan dijadikan sebagai pilar strategis kekuatan bangsa menghadapi MEA.

Visi SMK Prakarya Internasional adalah menjadi SMK yang unggul, kompetitif berdaya saing nasional dan internasional dengan menghasilkan pribadi-pribadi berakhlak mulia, cerdas, mandiri, bertanggung jawab, memiliki jiwa kewirausahaan yang berkeahlian siap kerja dan mampu bersaing di pasar global. Hal ini tertuang dalam salah satu misi yakni menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara optimal yang berorientasi kepada pencapaian kompetensi nasional dan internasional. Selaras dengan misi tersebut, Teknik Jaringan dan Komputer merupakan salah satu program studi yang ada di SMK Prakarya Internasional Bandung. Selain mempelajari tentang teori dasar jaringan komputer, pada Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan siswa juga belajar mengenai Open Source Interconnection (OSI) Layer dan perkabelan di jaringan komputer. Selain menggunakan kabel tembaga, pada jaringan komputer juga banyak menggunakan serat optik (fiber optic) dengan beberapa keuntungan atau kelebihannya.

Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi Universitas Telkom telah melaksanakan kegiatan pelatihan. Pelatihan yang diselenggarakan adalah drafter training, pelatihan untuk membuat atau menyiapkan gambar-gambar kerja teknik, sehingga gambar tersebut dapat dengan jelas dan mudah dimengerti orang lain dan mudah dalam proses pembentukan obyek gambar tersebut. Salah satu jenis drafter adalah electrical drafters yang berhubungan dengan pembuatan gambar-gambar pengkabelan, diagram layout yang akan digunakan oleh para pekerja untuk menarik dan memasang instalasi kabel. Keahlian ini sangat dibutuhkan dalam proses perancangan komunikasi serat optik.

Translate »