1414,0,1,0,307,256,432,1,3,24,17,0,1,163,0,1973,1957,2166,140420

Implementasi CCTV Sebagai Sistem Monitoring Aktivitas dan Keamanan Lingkungan Sekolah di Kawasan Yayasan Pendidikan Al Mukhlisin Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung

Sekolah merupakan tempat anak – anak generasi penerus bangsa ditempa untuk dipersiapkan melanjutkan estafet pembangunan dan keberlangsungan bangsa dan negara. Selain bekal ilmu pengetahuan yang diberikan, pembentukan karakter dan kepribadian yang kuat menjadi salah satu sasaran dan tujuan pendidikan. Tujuan luhur pendidikan tersebut memang selalu diikuti dengan tantangan yang tidak mudah. Generasi muda saat ini dihadapkan dengan tantangan akan degradasi mental yang cukup mengancam. Kenakalan-kenakalan remaja yang muncul saat ini seperti : bolos sekolah, bullying, tawuran, hingga tingkat kriminalitas yang melibatkan remaja dan anak sekolah menjadi tanda penurunan ini.
Disisi lain, masih labilnya pribadi anak sekolah terutama sekolah tingkat bawah seperti tingkat sekolah dasar dan SLTP menjadikan anak-anak ini menjadi target kejahatan dan kriminalitas. Tak tanggung-tanggung, para kriminal melakukan aksinya, seperti pelecehan seksual dan penculikan, di kawasan sekolah. Baru-baru ini di media sosial juga viral beberapa video aksi percobaan penculikan yang dialamatkan ke siswa-siswa SD.
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berjudul “Implementasi CCTV Sebagai Sistem Monitoring Aktivitas dan Keamanan Lingkungan Sekolah di Kawasan Yayasan Pendidikan Al Mukhlisin Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung” ini memiliki tujuan untuk membantu pengurus yayasan dan sekolah dalam pengawasan terhadap anak-anak didiknya sekaligus sebagai langkah proteksi dan pencegahan tindak kejahatan terhadap siswa di kawasan sekolah.
Sistem yang dibangun pada pengabdian masyarakat ini diharapkan menjadi salah satu mekanisme tambahan untuk pengawasan dan pengamanan di kawasan pendidikan YPA Al Mukhlisin yang beralamat di Desa lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *