Implementasi Papan Informasi Digital Pada Masjid Al-Madani Perumahan Kinagara Regency Lengkong Bojongsoang Bandung

Implementasi Papan Informasi Digital Pada Masjid Al-Madani Perumahan Kinagara Regency Lengkong Bojongsoang Bandung

Masjid bagi umat islam merupakan bangunan paling penting dalam kehidupan beragama. Selain sebagai tempat menjalankan ibadah sehari-hari, masjid juga merupakan sarana pembinaan dan pengembangan spiritual umat. Berbagai kegiatan diselenggarakan di masjid untuk umat sebagai upaya untuk memakmurkan masjid seperti TPA, Kajian Rutin, Peringatan hari besar, dll.
Di Indonesia, jumlah masjid atau mushola yang tersebar di seluruh pelosok wilayah sangatlah banyak. Hampir tiap Desa bahkan Tiap RW atau RT memiliki masjid atau mushola sendiri. Bahkan mereka berlomba lomba untuk membangun masjid dengan bangunan yang megah. Sayangnya, jumlah dan megahnya bangunan masjid kadang tidak diimbangi dengan maksimalnya peran masjid dalam pembinaan umat. Banyak masjid hanya digunakan untuk sholat berjamaah 5 waktu saja. Sedangkan diluar kegiatan tersebut, masjid hanya merupakan bangunan kosong.
Salah satu faktor kurang maksimalnya kegiatan-kegiatan masjid adalah karena kurangnya sosialisasi dan informasi kepada jamaah masjid. Kebanyakan masjid hanya memanfaatkan papan majalah dinding yang kurang menarik sebagai media sosialisasi kepada jamaah mengenai kegiatan-kegiatan masjid. Maka melalui program pengabdian masyarakat Universitas Telkom,
kami mengimplementasikan sebuah papan informasi digital pada salah satu masjid disekitar kawasan kampus Universitas Telkom yaitu Masjid Al Madani Komplek perumahan Kinagara Regency, Desa lengkong, Kecamatan Bojongsoang. Kami berharap dengan papan informasi digital ini, Informasi kegiatan-kegiatan penting masjid bisa disosialisasikan dan disajikan secara dinamis, terkini, dan multimedia oleh Dewan Kemakmuran Masjid.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *