Pelatihan Teknik Instalasi Fiber Optik Bagi Siswa Smk Garuda Nusantara Cimahi (GNC)

Pelatihan Teknik Instalasi Fiber Optik Bagi Siswa Smk Garuda Nusantara Cimahi (GNC)

Sebagai wujud pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi, Dosen Prodi D3 Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh dosen prodi D3 Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom guna mengaplikasikan ilmu yang didapat secara langsung kepada Masyarakat. Pada kegiatan PKM ini, dosen juga melibatkan para mahasiswa prodi D3 Teknik Telekomunikasi.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) saat ini berfokus pada kegiatan pelatihan Teknik Instalasi Fiber Optik Bagi Siswa SMK Garuda Nusantara Cimahi (GNC). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Juni 2018 bertempat di Laboratorium Sistem Komunikasi Optik Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom dengan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 63 orang.  Materi pelatihan yang diberikan selama acara berlangsung meliputi materi dasar Sistem Komunikasi Optik, Materi Penyambungan Serat Optik, Materi Pengukuran Jaringan Serat Optik hingga teknik instalasi Kabel Optik pada Jaringan Fiber To The Home untuk layanan Triple Play.

“Kegiatan PKM saat ini dilaksanakan dalam rangka mengamalkan tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tujuan melaksanakan PKM dalam bentuk pelatihan instalasi optik agar dosen ikut berkontribusi untuk membantu meningkatkan skill dalam pengembangan media pembelajaran tambahan pendamping bagi para guru dan pemanfaatannya bagi anak didik SMK GNC untuk persiapan di dunia industri” ucap ketua panitia pelaksana pengabdian kepada masyarakat Tri Nopiani Damayanti disela-sela pelaksanaan kegiatan pengabdian.

Diharapkan dengan pelatihan yang telah diberikan selama PKM, nantinya para guru akan dapat mengajarkan dan melatih siswanya, sehingga setelah lulus akan menjadi tenaga yang handal siap pakai oleh industry telekomunikasi khususnya pada bidang jaringan optik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *