Pelatihan Pembuatan Aplikasi Perkantoran Berbasis Microsoft Access  bagi Siswa Administrasi Perkantoran SMKN 1 Karang Tengah Cianjur

Pelatihan Pembuatan Aplikasi Perkantoran Berbasis Microsoft Access bagi Siswa Administrasi Perkantoran SMKN 1 Karang Tengah Cianjur

Mulai awal Januari 2016 kemarin, Indonesia secara resmi memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Seperti yang dilansir pada situs Center for Risk Management Studies (CRMS) Indonesia, MEA merupakan bentuk realisasi dari tujuan akhir integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Sejak diberlakukan MEA maka barang dan jasa dari semua negara anggota ASEAN akan lebih bebas untuk masuk ke Indonesia. Salah satu dampak positif MEA bagi masyarakat Indonesia ialah memperluas lapangan kerja dan kesempatan masyarakat untuk bekerja. MEA akan memberikan dampak negatif jika masyarakat Indonesia tidak siap, hal ini dikarenakan dalam mekanisme MEA berbagai profesi (seperti pedagang, dokter, guru, pengacara, dll) boleh diisi oleh tenaga kerja dari luar negeri (misal Malaysia, Singapura, dsb). Langkah strategis yang harus dilakukan untuk memenangkan MEA antara lain adalah meningkatkan kemampuan tenaga kerja sesuai standar yang berlaku. Oleh sebab itu, pendidikan dijadikan sebagai pilar strategis kekuatan bangsa menghadapi MEA.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai jenjang pendidikan kejuruan tingkat menengah, memiliki peran besar dalam merencanakan dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan produktif. Selain pendidikan, pelatihan merupakan upaya untuk mengembangkan SDM. Latihan adalah bagian dari suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau ketrampilan khusus seseorang atau suatu kelompok. Hal ini mendorong beberapa institusi mengadakan kegiatan untuk mewujudkan lulusan SMK yang kompeten, misalkan menggelar pelatihan bagi siswa SMK. D3 Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom turut berperan serta aktif mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di SMK, baik untuk guru maupun siswa. SMKN 1 Karang Tengah adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di Desa Sukajadi Kabupaten Cianjur dan memiliki beberapa program studi, antara lain: Teknologi Pangan, Administrasi Perkantoran, Perikanan, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Kelautan. SMKN 1 Karang Tengah akan menjadi sekolah binaan Prodi D3 Teknik Telekomunikasi Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom.

Di dalam dunia kerja yang berhubungan dengan administrasi perkantoran, penguasaan Microsoft Office sangat dibutuhkan sebagai tools pekerjaan administrasi perkantoran mulai dari membuat, mengolah, dan mengelola basis data atau lebih dikenal dengan database dengan menggunakan Microsoft Access. Masalah lain yang sekarang sering terjadi dan menjadi tantangan adalah banyaknya siswa SMK Program Studi Administrasi Perkantoran yang belum menguasai penggunaan Microsoft Access sampai dengan tingkat lanjut. Mereka sebatas mengetahui keberadaan Microsoft Access yang merupakan bagian dari Microsoft Office tanpa mengetahui fungsinya. Padahal apabila dapat menguasai, penggunaan Microsoft Access ini bisa membantu dan memudahkan dalam pekerjaan administrasi perkantoran, baik untuk pembuatan database maupun program aplikasi perkantoran. Melihat permasalahan tersebut, dirasa perlu diadakan kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan siswa SMK Program Studi Administrasi Perkantoran dalam penguasaan Microsoft Access, sehingga harapan siswa SMK siap kerja dapat menjadi kenyataan. Hal ini yang akan dilakukan melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom sebagai salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban seluruh dosen.

Peserta yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah siswa SMKN 1 Karang Tengah. Kegiatan ini berupa pelatihan dengan menekankan pada penguasaan terhadap teori dan praktek penggunaan Microsoft Access dengan memberikan contoh-contoh kasus yang biasa terjadi di dunia kerja dan dapat diselesaikan dengan menggunakan bantuan tools Microsoft Access. Pelatihan ini akan menggunakan sistem pelatihan Microsoft Access sesuai dengan Standar BNSP, dengan harapan apabila nanti para siswa SMKN 1 Karang Tengah Program Studi Administrasi Perkantoran ini akan mengikuti Uji Kompetensi Microsoft Access mereka bisa lulus dan mendapatkan sertifikat kompetensi yang diakui oleh negara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *