Pelatihan Navigasi berbasis Global Positioning System dan Google Map dalam mendukung program Smart School di SMKN 1 Karang Tengah Cianjur

Pelatihan Navigasi berbasis Global Positioning System dan Google Map dalam mendukung program Smart School di SMKN 1 Karang Tengah Cianjur

Kemajuan teknologi dalam bidang Informasi dan Teknologi dirasakan oleh semua kalangan . Kemajuan ini dimanfaatkan untuk               memudahkan dalam pencapaian target yang sudah ditetapkan. Bagi Kalangan yang berhubungan dengan kelautan hal ini dirasakan sangat membantu dari segi biaya ataupun tenaga dan juga energi yang digunakan.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karang Tengah terletak di Jln Jangari Km 14 desa Sukajadi kecamatan karang tengah Cianjur. Sekolah ini terdiri dari empat Kompetensi Keahlian diantaranya : Neutika Kapal Penangkap Ikan, Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Agribisnis Perikanan, dan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian.

Untuk menunjang salah satu kompetensi keahlian dalam bidang Neutika Kapal Penangkap Ikan, maka dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini akan dilaksanakan Pelatihan Navigasi berbasis Global Positioning System dan Google Map dalam mendukung program Smart School di SMKN 1 Karang Tengah Cianjur. Capaian kompetensi ini adalah agar dapat membawa kapal penangkap ikan  di laut sesuai target area penangkapan yaitu lokasi dimana ikan-ikan target berada dan berkumpul . Navigasi  adalah penentuan kedudukan dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya atau di peta.  Pengetahuan tentang pedoman arah dan peta serta teknik penggunaannya haruslah dimiliki dan dipahami oleh setiap siswa guna tercapainya luaran pembelajaran dari kompetensi keahlian yang ada.

Sistem Navigasi pada pelatihan ini menggunakan Global Positioning System (GPS) dan Google Map. GPS dapat digunakan sebagai alat pendeteksi ikan dan penentu arah. Dengan alat dapat diketahui koordinat lintang bujur, arah dan kecepatan. GPS juga bermanfaat bagi nelayan untuk mengetahui posisi saat di laut, menentukan rute perjalanan, menandai tempat-tempat penting, seperti tempat yang banyak ikan, tempat kapal karam, tempat yang dangkal dan sebagainya. Bahkan dengan menggunakan alat itu, nelayan bisa melacak posisi kerumunan ikan, sehingga mereka bisa langsung melakukan aktivitas penangkapan. Sedangkan Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian. Aplikasi Google Maps ini digunakan sebagai alat bantu pencarian lokasi suatu area atau daerah tertentu dan juga dapat digunakan sebagai alat pemilihan rute tujuan tertentu.

Melalui program Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat dalam hal ini Guru dan siswa-siswa SMKN 1 Karang Tengah Cianjur guna mewujudkan capaian kompetensi keahlian dalam bidang Neutika Kapal Penangkap ikan untuk mendukung program smart school. Bagi Guru pelatihan ini dapat membantu dalam pengajaran di kelas sedangkan bagi siswa-siswa SMKN 1 Karang Tengah hal ini dapat menjadi bekal ilmu nanti di lapangan pekerjaan sesungguhnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *