Pembelajaran Instalasi Jaringan Wifi di SMK Al-Aitaam dalam rangka menuju Smart School

Pembelajaran Instalasi Jaringan Wifi di SMK Al-Aitaam dalam rangka menuju Smart School

Teknologi di dalam dunia pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi pendidikan berupa media untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar, potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berhubungan dengan usaha untuk meningkatkan produktivitas pendidikan. Internet adalah salah satu contoh teknologi yang sangat bermanfaat untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan pendidikan.
Internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia
Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi, dengan adanya internet memungkinkan dunia pendidikan untuk mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Manfaat yang ditimbulkan dari kehadiran internet bagi pendidikan antara lain, mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi, Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif, mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi, mempermudah penjelasan konsep.
SMK Plus Al-Aitam, di dirikan oleh H. Sali Iskandar dan H. Aceng Zarkasyi (almarhum), terakreditasi “A” berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Al-Aitaam Bandung. Sekolah ini berwawasan religius, lingkungan, enterpreneur, dan revolusi mental. Beralamat di JL. Ciganitri, Trs. Buahbatu Cipagalo Bojongsoang, Kab. Bandung 40287, Jawa Barat, Indonesia.

Dengan kondisi bangunan sekolah yang terdiri dari 3 lantai, dan hanya memiliki sebuah Wireless Access Point (WAP) yang terletak di lantai 2, maka tidak semua ruangan kelas tercover oleh jaringan wireless (Wifi), dimana jaringan tersebut sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar, dan menyebabkan akses kepada sumber informasi menjadi kendala.
Melihat permasalahan tersebut, membuka kesempatan kita sebagai civitas akademika, untuk memberikan wawasan mengenai perkembangan ICT (Information and Communication Technology) khususnya bidang teknologi komunikasi wireless kepada masyarakat, dalam hal ini adalah Guru dan siswa-siswi SMK Plus Al-Aitaam.
Sehingga nantinya ilmu yang didapat pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bermanfaat untuk guru dalam pengajaran di kelas, dan untuk siswa dapat bermanfaat sebagai bekal mereka suatu saat nanti bekerja di industri, serta membantu mewujudkan program SMK Plus Al-Aitaam dalam rangka menuju Smart School.








Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *