Pelatihan Microsoft Excel Lanjut bagi Siswa Administrasi Perkantoran SMK Plus Al-Aitaam

Pelatihan Microsoft Excel Lanjut bagi Siswa Administrasi Perkantoran SMK Plus Al-Aitaam

Perkembangan dunia pendidikan suatu kenyataan bahwa pendidikan hampir di semua negara di dunia mendapatkan tempat yang strategis dalam pembangunan. Permasalahan pendidikan selalu muncul bersamaan dengan perkembangan dan peningkatan kemampuan siswa, situasi dan kondisi lingkungan sekitar dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, pengaruh informasi, budaya serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Didalam dunia kerja yang berhubungan dengan administrasi perkantoran, penguasaan Microsoft Office sangat dibutuhkan sebagai tools pekerjaan administrasi perkantoran mulai dari perhitungan dasar sampai dengan pembuatan data base sederhana menggunakan Microsoft Excel.
Masalah lain yang sekarang terjadi dan menjadi tantangan adalah banyaknya siswa SMK untuk jurusan Administrasi Perkantoran yang belum menguasai penggunaan Microsoft Excel sampai dengan tingkat lanjut. Mereka sebatas mengetahui penggunaan Microsoft Excel ini dalam tahap dasar. Padahal penggunaan Microsoft Excel ini bisa membantu dan memudahkan dalam pekerjaan Administrasi Perkantoran, apabila Siswa SMK sudah dibekali dengan penguasaan Microsoft Excel sampai dengan tingkat lanjut.
Melihat permasalahan diatas, dirasakan perlu dilakukannya kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan dari Guru dan Siswa SMK Jurusan Administrasi Perkantoran dalam penguasaan Microsoft Excel ini. Sehingga harapan siswa SMK siap kerja dapat menjadi kenyataan. Hal ini dicoba dilakukan melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) di Prodi D3 Teknik Telekomunikasi Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom sebagai salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban seluruh dosen.
Kegiatan PPM ini dilakukan di SMK Plus Al Aitam. Peserta yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah para guru dan Siswa-siswa SMK Plus Al Aitam. Kegiatan ini berupa pelatihan dengan menekankan pada penguasaan terhadap teori dan praktek penggunaan Microsoft Excel tingkat lanjut dengan memberikan contoh-contoh kasus yang biasa terjadi didunia kerja dan dapat diselesaikan dengan menggunakan bantuan tools Microsoft Excel ini.
Pelatihan ini nantinya akan menggunakan sistem pelatihan Microsoft Excel sesuai dengan Standar BNSP. Dengan harapan apabila nantinya para Guru dan Siswa SMK Plus Al Aitam Jurusan Administrasi Perkantoran ini akan mengikuti Uji Kompetensi Microsoft Excel mereka bisa Lulus dan mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang diakui oleh Negara.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *