Pelatihan Drive test Jaringan 2G untuk Guru dan Siswa SMK Prakarya Internasional

Pelatihan Drive test Jaringan 2G untuk Guru dan Siswa SMK Prakarya Internasional

Kemajuan teknologi khususnya teknologi bidang sistem komunikasi seluler sangat pesat. Hal ini terlihat dari fitur-fitur yang banyak berkembang dan pertumbuhan user yang sangat pesat. Industri dalam bidang komunikasi seluler ini, baik operator ataupun industri penyedia perangkat telekomunikasi berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi demi mencapai target dari sisi jumlah user ataupun teknologi yang digunakan. Evolusi sistem komunikasi dari generasi ke generasi (1G, 2G, 3G sampai 4G) di Indonesia dirasakan sangat pesat. 3G dan 4G merupakan teknologi yang sedang berkembang saat ini. 3G (Third Generation) memiliki kecepatan transfer data sekitar 144 kbps – 2 Mbps sehingga dapat melayani layanan data broadband seperti internet, video on demand, music on demand, games on demand, dll yang memungkinkan kita dapat memilih program musik, video atau game semudah memilih tv channel. Kecepatan setinggi itu juga mampu melayani video conference dan video streaming lainnya.

Sedangkan 4G adalah sebuah standard komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA untuk aksess data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler mau pun perangkat mobile lainnya, dimana teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300 Mbps dan upload 75 Mbps. Untuk mempertahankan kualitas jaringan sistem komunikasi seluler, perlu dilakukan pengukuran kualitas di lapangan dengan menggunakan metoda drive test. Dalam industri telekomunikasi pelaksanaan drive test dilakukan untuk pengumpulan data real di lapangan sebagai bahan pertimbangan optimasi jaringan sehingga kualitas jaringan yang ditargetkan bisa terjaga dengan baik.

Melihat perkembangan telekomunikasi seluler seperti ini maka membuka kesempatan kita sebagai civitas akademika untuk lebih memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan wawasan, ilmu dan pengetahuan dalam rangka menumbuhkan semangat belajar dan berinovasi membangun bangsa di bidang ICT (Information and Communication Technology). Dalam rangka memberikan wawasan mengenai perkembangan ICT khususnya bidang teknologi komunikasi seluler kepada masyarakat dalam hal ini adalah Guru dan siswa siswi SMK Prakarya International, kami akan mengadakan pelatihan pengetahuan dasar sistem komunikasi bergerak seluler. Selain itu, untuk memberikan pengetahuan mengenai pengukuran kualitas sinyal pemancar BTS (Base Transceiver Station) khususnya untuk teknologi 3G di lapangan secara real, kami mengadakan pelatihan drive test.

img_2667_compressed

img_2688_compressed

img_2692_compressed

img_2719_compressed

img_2727_compressed

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *